Selasa, 27 Oktober 2015

1C--PGMI-DYAH AYU AMBARWATI-D97215086

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP MORAL PELAJAR
            Arus globalisasi yang sedang melanda seluruh penjuru dunia terutama Indonesia, telah memberikanbanyak perubahan terhadap kehidupan masyarakat. Globalisasi dapat diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak maupun elektronik.
Globalisasi yang memiliki dua sisi (positif & negatif) juga menjadi penyebab infiltrasi budaya tidak terbendung. Termasuk budaya hidup barat yang liberal dan bebas merasuki budaya timur yang lebih teratur dan terpelihara oleh nilai-nilai agama. Dampak negatif dari globalisasi yang terlihat miris adalah perubahan yang cenderung mengarah pada krisis moral & akhlak, sehingga menimbulkan sejumlah permasalahan melegenda negeri ini akibat moral. Dapat dicontohkan dari hal terkecil yaitu anak sekolah yang yang membolos pada jam pelajaran, sampai ke hal besar yaitu korupsi. Dan terdapat pula diwarnai oleh tindakan-tindakan kriminal yang setiap hari kita biasa kita lihat. Hal ini membuktikan bahwa krisis moral telah dan sedang melanda bangsa ini. Kita sebagai mhasiswa juga harus turut andil dalam memahami gejolak globalisasi yang melanda Indonesia saat ini.
Definisi dari moral sendiri adalah sesuatu yang berkaitan, atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salahnya suatu tingkah laku, sehingga moral sangatlah penting dalam kehidupan untuk menentukan baik buruknya sikap ataupun perbuatan yang kita lakukan.
Pelajar pada era globalisasi sekarang ini seperti kehilangan arah dan tujuan. Mereka terjebak pada wilayah globalisasi yang bersifat hedonism dan acuh tak  acuh. Generasi muda saat ini juga bersifat anarkisme dalam menyuarakan kepentingan rakyat seperti tawuran dan bentrokan, sehingga pada akhirnya keamanan masyarakat menjadi terganggu dan kehidupan pembelajaran di lembaga pendidikan atau sekolah menjadi tidak kondusif yang dikhawatirkan akan menimbulkan krisis moral yang seharusnya menjadi perubabahan sosial menjadi lebih baik terhalang oleh kebahagiaan dunia semata.
Di media cetak maupun elektronik, yang biasa kita baca dan saksikan setiap hari, semuanya menyajikan bacaan dan tontonan yang tak jaranf kurang memperhatikan moralitas,sopan santun,dan etika. Tak hanya itu, dari segi ilmu pengetahuan kita memperoleh banyak manfaat,namun dari segi kebudayaan,kita lebih mendapatkan banyak pengaruh negatif.
Sejak dulu Indonesia terkenal diseluruh penjuru dunia sebagai negeri yang ramah,sopan,dan berbudi. Praktek gotong royong masih melekat dalam diri dan kebiasaan masyarakat desa, namun yang terjadi saat ini generasi muda lebih tertarik oleh adat dari barat karena mereka menganggap lebih keren dan modern, baik gaya hidup maupun tingkah laku. Karena hal itu, timbul pergaulan bebas dikalangan remaja. Merosotnya moral pada generasi muda membuat Indonesia akan semakin terpuruk dan memiliki masa depan yang suram.
Krisis moral terjadi juga karena nilai-nilai pancasila sudah tidak lagi diindahkan dalam kehidupan, dalam bertindak pun sudah tidak berpacu pada asas ketuhanan,kemanusiaan,persatuan,kerakyatan dan keadilan.dan hal ini telah menghadapkan Indonesia pada krisis moralitas.
Dapat diketahui bahwa generasi muda memiliki potensi yang besar, tantangan dan juga tanggung jawab .dan yang paling penting adalah penanaman nilai-nilai agama,karna saat ini yang terlihat salah satu faktor buruknya moral generasi muda adalah longgarnya pegangan terhadap agama,sehingga akan kehilangan pengontrol dalam hidup mereka.

Di lingkungan keluarga,sekolah dan masyarakat juga harus menanamkan nilai etika,moral dan akhlak. Begitu pula peran pemerintah, harus tangguh dan sigap terhadap masalah moral generasi mudayang terus menurun. Karna pribadi yang terdidik secara moral adalah pribadi-pribadi yang telah belajar dan siap bertindak dengan cara tertentu, sekaligus sadar dan bangga akan segala nilai dan tindakan-tindakannya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...