Senin, 26 Oktober 2015

Pentingnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan


Nama : Nur Afidah

Nim     : D97215101
 
 
Pentingnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

Pentingkah kita mempelajari pendidikan kewarganegaraan ?

Sangat penting kita mempelajari pendidikan kewargaraan karena pendidikan merupakan upaya atau setrategi dalam membentuk sistem nilai yang ada pada diri seseorang sebagai manusia yang sesuai dengan tatanan kehidupan masarakat dan lingkungannya.Dipersekolahan disampaikan berbagai materi kurikulum yang tidak hanya sebagai pengetahuan saja tetapi harus diwujudkan dalam prilaku sehari-hari.

Disini pembelajaran pkn sangat berperan untuk membantu membentuk kepribadian yang baik dan bertanggung jawab serta mencetak generasi muda dan pemimpin yang berbudi pekerti luhur dengan berwawasan kebangsaan.

Pengertian sendiri dari pkn adalah program yang bertujuan membentuk warga negara yang berfikir,bertindak dan berkembang dengan cerdas,kritis dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan masyarakat berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang dijadikan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 Didalam pembelajaran pkn kita dapat mengetahui tentang hubungan antara warga negara  dengan negara lain,mengetahui dasar dasar dan hukum negara yang dapat mengarahkan kita menjadi masyarakat yang baik dan faham apa itu negara dan mampu untuk hidup ditengah-tengah masyarakat dengan seperangkat hukum,serta mengetahui hak dan kewajiban kita sebagai warga negara yang akhirnya membuat kita jadi mengerti peran diri kita bagian dari suatu negara.

Selain itu dengan adanya pembelajaran pkn juga dapat memotivasi kita untuk memiliki sifat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi sehingga dapat memperkuat keyakinan kita terhadap pancasila sebagai ideologi negara dan mengamalkan semua nilai nilai yang terkandung didalamnya.


Prodi   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...