Selasa, 27 Oktober 2015

1C-Winda Yunifa Firdaus (D97215081)

Pentingnya Norma Kesopanan

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupan sehari-hari perlu berinteraksi sosial, karena manusia tidak dapat hidup sendiri. Dalam berinteraksi sosial kita harus mengerti tatacara berinteraksi yang baik,dan semua itu didasari dengan norma seperti norma kesopanan. Norma kesopanan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menilai seseorang dari kesopanannya.
            Norma kesopanan adalah norma yang timbul oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, karena sumber norma ini adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri.
            Norma kesopanan sering disebut sopan santun, tata krama atau adat istiadat. Norma kesopanan tidak berlaku bagi seluruh masyarakat dunia, melainkan bersifat khusus dan setempat dan hanya berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu saja. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Baik/buruk, misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi dalam berteman pun seperti itu lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda. Dan mungkin semua orang sudah mengerti apa itu sopan santun, karna sifat ini telah ditanamkan sejak kecil pada diri individu tersebut. Dan bagaimana kita mengembangkannya saja. Dalam kehidupan kita dan disekitar kita.
            Zaman sekarang banyak anak muda yang tidak memperhatikan kesopanannya dalam berkomunikasi kepada orang yang lebih tua,menghiraukan perintah orang tua, sering berkata kotor, tidak menghormati orang yang lebih tua, tidak menghargai pendapat orang lain.
            Norma kesopanan sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam  bermasyarakat, karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanki dari masyarakat, semisal cemoohan. kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama. Ada norma yang harus dipenuhi supaya diterima secara sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...