Selasa, 06 Oktober 2015

Mengapa Pendidikan Kewarganegaan Penting ???



Eka Wahyu Widyaningsih (D07215012)

            Pendidikan Kewarganegaan atau yang lebih dikenal dengan PKn adalah salah salah satu mata pelajaran yang biasa di temui di SD,SMP dan SMA, bahkan bisa juga di temui dibangku kuliah. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan untuk semua warga negara indonesia agar dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
Hakikat pendidikan kewarganegaraan adalah upaya sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara, demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan negara. Sehingga dengan mencerdaskan kehidupan bangsa, memberi ilmu tentang tata Negara, menumbuhkan kepercayaan terhadap jati diri bangsa serta moral bangsa, maka takkan sulit untuk menjaga kelangsungan kehidupan dan kejayaan Indonesia.
            Setiap warga negara indonesia, meskipun tidak belajar PKn secara formal, tetap harus memiliki pondasi atau dasar-dasar menjadi warga negara yang baik karena setiap individu harus mampu menjadi warga negara yang patuh akan aturan dan memahami norma-norma yang ada.
Pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa pada umumnya agar mahasiswa bisa menjadi warga negara yang memiliki pandangan terhadap nilai-nilai HAM, mahasiswa juga mampu berpartisipasi dalam memecahkan semua persoalan dengan solusi tanpa menimbulkan konflik, dan berfikir kritis terhadap semua persoalan.
            Pkn sangat penting. Karena PKn berisi tentang pluralisme yang mengajari sikap menghargai keragaman yang ada. Tanpa PKn maka akan lahir masyarakat yang egois dan tidak menghargai keragaman pada negara indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus mempelajarinya agar kita bisa menjadi terdepan dalam melindungi negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...