Selasa, 06 Oktober 2015

GITA AGEUNG PUSPITA SARI / PGMI 1A / D07215014



Manfaat PKN bagi Keberlangsungan NKRI

            Mengapa pelajaran PKN itu begitu penting bagi Keberlangsungan NKRI? Bagaimana akibatanya jika pelajaran PKN ini tidak diajarkan kepada para penerus bangsa?
            Pendidikan PKN yang ada di Indonesia sangat begitu penting bagi keutuhan NKRI, Kenapa? Karena PKN itu mengandung ajaran tentang mencintai Indonesia, membela Negara, mengajarkan kedisiplinan, toleransi, norma agama maupun adat, peraturan dan hukum yang ada di Negara tersebut. Saya akan jabarkan satu persatu  kandungan pelajaran yang ada dalam PKN, mulai dari mencintai Indonesia. Apakah kita perlu mencintai Tanah Air Indonessia ini? Ya sangat perlu sekali, saya lahir di Negara Indonesia dibesarkan di bumi pertiwi ini, orang tua dan keluarga besar saya asli orang Indonesia ini merupakan salah satu factor mengapa saya cinta Indonesia. Factor lain untuk mencintai Indonesia ini adalah Negara Indonesia terdiri dari banyak pulau,banyak suku dan adat, banyak ragam kesenian, banyak tempat wisata yang menakjubkan dan indah yang dapat dikunjungi serta dapat menambah penghasilan Negara. Bentuk kita dalam mencintai NKRI ini adalah dengan melakukan  upacara bendera setiap hari senin, memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, menghargai jasa para pahlawan, menggunakan produk-pruduk asli Indonesia.
Membela Negara itu menurut saya, kita dapat menjadi abdi Negara jika sudah dewasa dan yang memiliki cita-cita sebagai Abdi Negara Indonesia. Sebagai contoh menjadi anggota TNI ataupun POLRI, TNI merupakan lapisan terdepan dalam menjaga wilayah dan keutuhan NKRI. TNI tersebut terdiri dari tiga unsure yaitu Darat disebut TNI AD, Laut disebut TNI AL, sedangkan di udara disebut TNI AU. Tugas TNI AD adalah sebagai pertahanan nasional yang terdapat di daratan atau diatas pemukaan tanah contohnya perbatasan antara Negara tentangga seperti : Nusa Tenggara dengan Negara Timor Leste, Papua dengan Papua Nugini, Kalimantan dengan Malaysia ataupun Brunei Darussalam. Jika tugas yang menjaga batas dan wilayah laut adalah TNI AL yang menjaga wilayah Indonesia pada daerah perbatasan perairan antara laut Negara lain. Sedangkan untuk pertahanan udara dijaga oleh TNI AU yang menjaga agar NKRI tidak di serang oleh Negara lain lewat udara.
Mengajarkan kedisiplinan terhadap semua warga Negara Indonesia, jika warga Negara berlatih untuk sikap disiplin atau paling tidak mengetahui bahwa kedisiplinan itu penting. Walaupun sudah mengetahui bahwa kedisiplinan itu baik tetap saja banyak orang tidak menjunjung kedisiplinan. Sedangkan Toleransi itu di tujukan terhadap semua warganegara dan umat yang beragama. Indonesia terdapat lima kepercayaan, jika tidak terjadi toleramsi antar umat beragama maka setiap agama kan mempunyai pandangan sendiri tentang Tuhannya, dan meyakini bahwa Tuhannya tersebut adalah yang paling benar. Maka akan terjadi pertiakaian setiap hari, setiap saat antar umat yang beragama mejadikan Indonesia terpecah akibat agama. Namun jika setiap umat beagama saling bertoleransi atas keyakinan masing-masing dan saling hormat menghormati maka Negara Indonesia akan terhindar dari konflik beragama dan hidup rukun.
Jika saya melihat PKN terdapat peraturan atau hukum yang berlaku di Negara ataupun di lingkungan sekitar kita tinggal. Maka sikap dan perbuatan setiap warga Negara akan di awasi atau di kawal oleh aparat Negara. Jika kita melakukan pelanggaran mengenai hukum N maka hukum Negara ataupun hukum adat istiadat (yang ada dilingkungan sekitar) akan menghukum sesuai dengan apa yang kita lakukan atau kita langgar.
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...