Selasa, 06 Oktober 2015

Urgensi atau Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan



Dalam kesempatan kali ini, saya Itsna Athi’illah dari kelas 1A (D07215020) melampirkan tugas membuat artikel pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang bertema “Urgensi atau Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan” dengan dosen pengampu Bapak Irfan Tamwifi.

Urgensi atau Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan
            Manusia adalah makhluk sosial yaitu makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia merupakan makhluk yang butuh akan kebutuhan jasmani dan rohani. Salah satunya Ilmu Pengetahuan. Ilmu Pengetahuan ini sangat berfungsi dalam kehidupan manusia supaya manusia dapat berinteraksi atau beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
            Manusia dalam memperoleh ilmu bisa dimulai dengan belajar, yaitu belajar yang dimulai dari usia dini dari umur 2 – 4th dalam sebuah lembaga yang bisanya disebut dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan selanjutnya Taman Pendidikan Kanak – kanak (TK) dengan usia 5- 6th. Dalam jenjang dasar manusia bisa memperoleh ilmu dengan kisaran umur 7 – 12th pada sebuah lembaga yang biasanya disebut Sekolah Dasar (SD), jenjang menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan umur 13 – 15th dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan umur 16 – 18th dan masih bisa dilanjukan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu jenjang  Universitas.
            Manfaat ilmu pengetahuan adalah dapat membantu seseorang untuk menambah wawasan, mengembangkan bakat diri, memajukan pola piker yang sederhana serta perubahan dalam tingkah laku menuju yang lebih baik dan terarah.
            Dalam hal ini sangat berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan karena tujuan dari mempelajari pendidikan kewarganegaraan sendiri yaitu:
1.       mengerti peran, hak, dan kewajiban kita sebagai manusia berkewarganegaraan.
2.      Memotivasi diri untuk memiliki sifat nasionalisme yang tinggi terhadap negara
3.      Ikut serta aktif dalam membela negara

            Dalam pendidikan kewarganegaraan, banyak sekali materi yang dibahas mulai jenjang pendidikan dasar bahkan sampai jenjang perkuliahan, salah satunya yaitu pancasila. Pancasila merupakan salah satu materi PKn yang saya pelajari pada usia dini mulai dari melafalkan isi pancasila sampai jenjang perkuliahan yang membahas secara detail apa saja yang berhubungan dengan pancasila.
                        Sering dikatakan bahwa Pancasila adalah panduan moral bangsa Indonesia. Misalnya pancasila disamping sebagai ideologi, dasar dan falsafah negara, juga menjadi cita - cita moral dan pandangan hidup bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan dan kebahaagiaan lahir batin.
                        Dalam hal ini pancasila merupakan pandangan hidup, maka pancasila menjadi tuntunan hidup dan tujuan hidup bangsa Indonesia, dengan kata lain pancasila dipergunakan sebagai petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup atau kehidupan di dalam segala bidang. Artinya menjadi sumber tertib sosial dan sumber tertib seluruh kehidupan.
                        Sekian artikel yang dapat saya tulis sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki, semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya dan mohon maaf apabila masih banyak kesalahan dalam penyusunannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...