Minggu, 13 Desember 2015

hak anak yang harus mendapatkan pendidikan lebih tinggi.


Hak asasi manusia merupakan hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental sebagai suatu anugerah tuhan yang harus dihormati, dijaga dan dilindungan. Seperti halnya contoh pada lingkungan masyarakat yaitu:
pada suatu hari didesa saya bertemu dengan anak  yang berjualan jajan keliling. Aku tanya “kok tidak sekolah loh, ini kan masi waktunya anak sekolah belum pulang”. Dia menjawab “saya sudah tidak sekolah sejak lulus dari SD, karena keadaan yang tidak memungkinkan. Setelah ayah saya cerai sama ibu dan pergi begitu aja tidak ada tanggung jawab  sama sekali, kepada keluarga dan anak-anaknya. saya tidak ada yang biayai lagi untuk sekolah. Ibu tidak ada  yang membantu untuk mencari nafkah. Sedangakan adik saya dua masi kecil. Terpaksa saya harus merelain hak saya untuk sekolah lagi demi untuk kebutuhan adik-adik yang masi kecil”
Dari cerita itu saya bisa menyimpulkan betapa tidak adilnya kehidupan ini. Hak yang seharusnya milik dia, harus direlain untuk kebutuhan adik-adiknya yang masi kecil. Sedangkan diya harus menjadi tulang punggung keluarganya. Setiap hari harus bekerja untuk mendapatkan uang. Sedangkan dia masih dibawah umur 18 th. yang semestinya dia harus mendapatkan pendidikan lagi, untuk belajar dan  mendapatkan fasilitas dari kedua orang tuanya. Karena itu keterbatasan orang tua, dia rela menerima hak nya diambil untuk biaya kebutuhan adik-adiknya. Sedangkan ibunya tidak bisa apa-apa selain mengurus adik-adiknya yang masih kecil. Seharusnya ayah nya tidak boleh meninggalkan tanggung jawab kepada anak-anaknya untuk mebiyayai kehidupanya sebagai mana  mestinya, karena itu sudah kewajiban sebagai orang tua dan hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak  seperti anak yang lainnya“.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...