Selasa, 06 Oktober 2015

URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI PEMBANGUNAN BUDAYA DEMOKRASI di INDONESIA

 Demokrasi adalah proses dimana masyarakat dan Negara berperan di dalam kehidupan yang dapatmenciptakan kesejahteraan menegakkan keadilan baik secara sosial ekonomi maupun politik.
Dari sudut pandang ini,demokrasi dapat tercipta bila masyarakat dan pemerintah bersama-sama membangun kesadaran akan pentingnya demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bangsa Indonesia membutuhkan demokrasi berkeadaban.Untuk menuju tatanan demokrasi bukanlah hal yang mudah dan instan,tetapi membutuhkan proses pengenalan,pembelajaran,pengamalan(learning by doing) serta pendalaman (deepening) demokrasi.Proses panjang ini di lakukan dalam rangka mengembangkan budaya demokrasi (democratic culture).
Demokrasi tidak hanya di perjuangkan tetapi,tetapi lebih dari itu harus di semaikan,ditanamkan,di pupuk dan di besarkan melalui upaya-upaya yang terencana,teratuir dan terarah pada seluruh lapisan masyarakat,salah satu bentuk upaya dimaksud adalah melalui program pendidikan kewarganegaraan(civic education).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...