Kamis, 22 Oktober 2015

Wajah Indonesia ku Sekarang

EKA NUR AFIFAH
Sekarang merupakan zaman globalisasi dimana kemajuan iptek semakin berkembang, kemajuan ini dapat kita lihat dan kita rasakan seperti adanya internet dengan internet kita lebih mudah mengakses suatu informasi lebih-lebih kita sebagai mahasiswa yang setiap hari bergelut dengan makalah dan membutuhkan referensi-referensi. Kelebihan lain dari kemajuan iptek yaitu banyak aplikasi sosial media yang memudahkan kita dalam menjalin komunikasi dengan mengakses sosial media seperti facebook,twitter,line,instagram,bbm,whatsapp, dll dengan menggunakan sosial media tersebut memudahkan kita dalam berkomunikasi antar individu-individu maupun individu dengan grup. Selain itu kita juga dapat mengakses aplikasi-aplikasi lain yang dapat mempermudah kita dalam pendidikan, seperti kita mengakses kamus elektronik, Al-quran elektronik, dll dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini kita lebih mudah mendapat informasi tanpa harus membawa kitab atau kamus yang biasa digunakan orang kebanyakan.
Dari kemajuan iptek tersebut selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan, kekurangan atau dampak negatif yang ditimbulkan yaitu: mudah terhipnotis sehingga tidak sedikit yang menyukai dunia maya dan melupakan dunia nyata, karena kemajuan informasi dan memberikan kemudahan-kemudaha. Hal ini menimpa anak–anak terutama pada usia 5-12 tahun. Selain itu dampak negatif  yang ditimbulkan adalah kurangnya sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya, anak lebih memilih berdiam diri dengan kesibukan game online, kasus ini tidak hanya anak-anak yang menjadi korban melainkan remaja-remaja atau pun orang dewasa. Hal ini bertentangan dengan peran pemuda indonesia, generasi muda adalah generasi penerus bangsa jika pemudanya lemah maka indonesia pun mudah dihancurkan.
Sekarang yang kita butuhkan adalah pendidikan yang dapat membentuk dan menbangun karakter pemuda-pemuda Indonesia agar menjadi pemuda yang berfikir aktif,cerdas,kreatif, kritis, dan berpandangan luas.
Dari sini kita dapat melihat alasan pendidikan kewargaganegaraan (PKN) yang selalu kita temui dari SD/MI,SMP/MTS,SMA/MA/SMK,sampai perguruan tinggi pun kita menemui pendidikan kewarganegaraan (PKN), hakikatnya pendidikan kewarganegaraan(PKN) bertujuan untuk membentuk karakter warga indonesia terutama pemuda indonesia agar memiliki pola pikir pola sikap dan pola perilaku cinta tanah air Indonesia dan berwawasan kebangsaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...