Senin, 05 Oktober 2015

Mengapa PKN penting ?

Arina Hikmatul Hasanah 

PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) adalah salah satu mata pelajaran yang ada di semua jenjang pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) kita temukan mata pelajaran PKN. Bahkan sampai tingkat bangku kuliah pun juga ditemukan mata kuliah PKN. Pada intinya PKN membahas masalah kehidupan berbangsa dan bernegara dengan norma-norma dan kaidah-kaidah yang terkandung dalam pancasila.
PKN dianggap menjadi materi yang penting untuk dipelajari, tetapi belum menjadi mata pelajaran yang diprioritaskan, hal ini karena minimnya waktu yang diberikan. Materi PKN memiliki peran yang sangat penting. Ada beberapa hal yang menjadi dasar pentingnya PKN diantaranya adalah:
*      Materi pkn mengajarkan siswa untuk mengenal dasar kewarganegaraan terkait hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara.
*      Mendidik siswa untuk lebih memiliki toleransi dan tenggang rasa terhadap sesama manusia yang berada dalam satu negara yang sama.
*      Pkn memberikan pengetahuan pada siswa tentang peraturan negara yang mengikat agar siswa bisa hidup dalam aturan hukum yang berlaku.
*      Pkn merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dengan demikian, diharapkan rasa nasionalisme dapat ditumbuhkan melalui pelajaran ini.
            Pkn diharapkan dapat menciptakan manusia yang cerdas dan bertanggung jawab, disertai dengan perilaku yang:
*      Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
*      Berbudi pekerti luhur dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
 n



  •  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...