Senin, 05 Oktober 2015

PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

ATIKA DEWI ZAINI SHOLEKHAH (D07215006)



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama-tama kami bersyukur atas berkat rahmat Allah, tak lupa serta shalawat ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW

Bismillahirrahmanirrahim...
Disini saya akan membahas pentingnya pendidikan kewarganegaraan. Banyak masyarakat di Indonesia yang kurang sadar akan betapa pentingnya pendidikan kewarganegaraan, contohnya saja masih sangat banyak tawuran antar pelajar di lingkungan kita yang memakan korban. Inikah contoh pendidikan di Indonesia?

Masih banyak orang yang kurang paham dengan pendidikan kewarganegaraan bukan hanya banyak orang saja. Bahkan para pelajarpun sangat kurang paham pendidikan itu. Padahal sudah sejak dini kita diajarkan pendidikan kewarganegaraan tersebut, baik dirumah oleh orangtua kita bahkan di sekolah oleh guru kita mengajarkan pendidikan tersebut. Tapi kenapa banyak yang masih belum ngerti? BELUM NGERTI atau DIABAIKAN? APA SUSAHNYA HIDUP DAMAI DI NEGARA SENDIRI?

Banyak di lingkungan mereka yang masih kurang paham artinya. Baik saya akan menjabarkan apa itu pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajiban suatu warga negara agar setiap hal yang dikerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak melenceng dari apa yang diharapkan. Kalau kita ingin bernafas bebas tanpa asap rokok bagaimana? Apasih manfaatnya merokok? Bukannya mau memojokkan perokok ya hehe, cuma sebagian banyak orang pasti pernah berfikir seperti itu.

Oke lanjut, pendidikan kewarganegaraan berperan sangat penting dalam pendidikan di Indonesia, pendidikan kewarganegaraan mendidik siswa untuk mempunyai sikap toleransi dan tenggang rasa kepada sesama manusia dan jangan lupa pendidikan kewarganegaraan juga bisa membuat damai negara kita? Gak percaya? Haha, tapi dengan syarat seluruh warga negaranya paham akan pentingnya pendidikan kewarganegaraan. Ohiya pendidikan kewarganegaraan juga bisa menimbulkan rasa bela negara loh.

Intinya, pendidikan bela negara dapat menimbulkan hal-hal yang dapat diharapkan yang akan timbul adalah sikap dan mental yang cerdas dan penuh rasa tanggung jawab. Sikap-sikap ini dapat disertai dengan cara : 
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai–nilai falsafah bangsa 2. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. Rasional, dinamis, dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
4. Bersifat profesional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
5. Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan negara.

Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu “memahami, menganalisa, dan menjawab masalah–masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita–cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945 “. Negara yang akan melangkah maju membutuhkan daya dukung besar dari masyarakat, membutuhkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, dengan semangat loyalitas yang tinggi.

Negara didorong untuk menggugah masyarakat agar dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan serta rasa turut memiliki. Masyarakat harus disadarkan untuk segera mengabdikan ilmu pendidikan kewarganegaraan di lingkungannya.

Untuk kedepannya saya hanya ingin agar seluruh warga Indonesia mengerti bahkan dapat menerapkan pendidikan kewarganegaraan tersebut. Yaaa JUST A DREAM. No! Itu bisa tercapai kok. Kapan? Ya kalau bisa secepatnya hehe. Kita bisa memulai dari 0 asal secara bersama-sama ya melakukannya. Semua orang punya ego, hak dan kewajiban kok. Andai mereka dapat menempatkan di tempat yang sesuai, saya pun juga belum dapat menempatkan itu semua kok hehe:D .

Sekian artikel dari saya, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...