Kamis, 22 Oktober 2015

Pengaruh Besar PKn Bagi Peserta Didik



Siti Fatimatut Khotimah

PKn adalah mata pelajaran yang menemani kita sejak dari SD,SMP,SMA bahkan sampai di Perguruan Tinggi pun juga ada mata kuliah PKn. PKn adalah pelajaran yang mengajarkan cinta tanah air terhadap peserta didik karna di dalamnya mengajarkan tentang pemerintahan di Indonesia, konstitusi, lembaga-lembaga demokrasi, HAM (hak asasi manusia) dan kewajiban warga negara serta proses demokrasi.
Ketika saya belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah dasar rasanya pelajaran ini adalah pelajaran yang mudah, karena setiap soal pada saat ulangan jawabannya pasti berhubungan dengan hal- hal yang baik seperti saling tolong menolong, rukun dengan sesama, gotong royong, menyayangi yang lebih mudah dan menghormati yang lebih tua. Disinilah PKn sangat berperan dalam membangun akhlak yang mulia pada peserta didik karena sejak di bangku SD anak sudah di ajarkan untuk memiliki sifat saling membantu dan toleransi.
Menurut saya PKn adalah salah satu mata pelajaran yang penting di sekolah karena pelajaran PKn menyangkut bagaimana kehidupan anak sehari-hari, mulai dari kegiatan sosial dan norma yang berlaku di masyarakat. Dari pelajaran PKn kita juga dapat belajar mengenai rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia dan dapat mengamalkan nilai-nilai yang ada pada pancasila di kehidupan sehari-hari kita. Karena di Indonesia yang dijadikan sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah pancasila, dan pancasila adalah pemersatu Indonesia oleh karena itu pancasil sangat penting diajarkani sejak kecil.
Tapi kebanyakan para guru mengajar dengan cara lama yaitu dengan metode ceramah sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan cenderung tidak begitu tertarik dengan PKn karena pelajaran PKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata. Masalah seperti ini harus segera di selesaikan karena mengingat begitu berperannya PKn dalam proses pembudayaan peserta didik, yaitu melalui pemberian keteladanan pembangunan kemauan pengembangan  kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...