Selasa, 06 Oktober 2015

Pentingnya kewarganegaraan

Pernah kah sobat mengingat masa-masa dulu baru masuk SD? Pasti kita akan teringat pelajaran-pelajaran yang sudah ada mulai dari jenjang SD sampai di jenjang perkuliahan. Salah satunya adalah mata pelajaran pkn/kalau di jaman penulis dulu namanya Ppkn.Mata pelajaran ini berkembang seiring berputarnya zaman menurut kebutuhannya. Bahkan bila dicermati mata pelajaran ini sudah mulai di ajarkan di jenjang pra SD, dan tidak menutup kemungkinan secara tidak langsung kita sudah diajarkan oleh kedua orangtua kita sejak balita.
Tujuan pembelajaran kewaganegaraan sendiri adalah menumbauhkan kesadaran pada individu untuk mencintai tanah airnya serta membela dengan sepenuh hati demi terciptanya negara yang makmur. Secara tidak langsung demi terciptanya negara yang makmur maka dibutuhkan lah kerjasama antar warga negara itu. Karena tidak mungkin jika seorang menginginkan negaranya makmur namun warga yang lainnya tidak mendukung dalam arti tidak bekerja sama dengannya maka yang di peroleh akan nihil.
Negara yang maju membutuhkan kerja sama dengan warganya. Dengan kata lain jika ingin mendapatkan kerjasama yang baik dengan warganya maka di butuhkan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air sehingga mereka memiliki kesatuan antar warga tanah air. Inilah peran pendidikan kewarganegaraan. Karena pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah sarana tepat untuk memberikan gambaran secara langsung tentang hal-hal yang bersangkutan dengan kewarganegaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...