Selasa, 06 Oktober 2015

 NURUL AFIDAH  URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 

 NURUL AFIDAH 
URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
Menurut saya pendidikan kewarganegaraan sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui hubungan antara negara satu dengan negara yang lain dengan meningkatkn kedisiplinan setiap warga negara untuk mencapai suatu tujuan negara tersebut, dan untuk mengembangkan wawasan bernegara dan menumbuhkan sikap dan perilaku cinta tanah air yang bersendikan kebudayaan.
contoh: kita mengetahui bahwasannya kita termasuk warga negara indonesia dan sebagai warga negara indonesia yang baik kita harus menjunjung martabat kita sebagai warga negara dengan mencintai tanah air kita, menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, menggunakan produk dalam negeri, berpakain yang sesuai dengan kebudayaan yang ada ditanah air kita tidak meniru atau malah mempublikasikan pakain budaya barat, serta kita harus menunjukkan atau menceminkan bahwa kita merupakan warga negara Indonesia di mana pun kita berada. 
Dan pendidikan kewarganegaraan sangat penting pula bagi masa depan generasi muda untuk mengantisipasi perubahan yang senantiasa akan berubah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya, bangsa, negara dan hubungan internasional serta memiliki wawasan kesadaran bernegara untuk membela negara tanah air berdasarkan pancasila dan semua itu diperlukan 
Dan melalui pendidikan kewarganegaraan, kita sebagai warga negara Indonesia mampu memahami, menganalisa,dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam pembukaan UUD 1945.
Dan diadakannya pendidikan kewarganegaraan karena perjuangan bangsa yang merupakan kekuatan mental spiritual telah melahirkan kekuatan yang luar biasa dalam perjuangan fisik, sedangkan dalam menghadapi globalisasi untuk mengisi kemerdekaan kita memerlukan perjuangan non fisik sesuai dengan bidang profesi masing-masing. perjuangan ini dilandasi oleh nilai-nilai perjuangan bangsa sehingga kita tetap memiliki wawasan bernegara,sikap dan perilaku yang cinta tanah air dan mengutamakan persatuan serta kesatuan bangsa dalam rangka bela negara demi tetap utuh dan tegaknya NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...