Kamis, 22 Oktober 2015

"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh"


YUMNA HANIN R.N.

Persatuan dan kesatuan, padanan kata yang sangat tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang unik di dunia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa, dan budaya, tetapi juga agama.
Apakah arti dari persatuan dan kesatuan itu? Mengapa hal ini harus dipahami oleh seluruh elemen bangsa? Persatuan adalah terikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan, sedangkan kesatuan adalah keadaan yang merupakan satu keutuhan. Dapat disimpulkan persatuan dan kesatuan mengandung arti "bersatunya bermacam-macam suku bangsa, budaya, bahasa, agama yang beraneka ragam menjadi satu keutuhan yang serasi". Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini terjadi dalam proses yang sangat lama, karena persatuan dan kesatuan terbentuk dari proses yang tumbuh dari nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat itu sendiri. Unsur-unsur nilai sosial dan budaya itu antara lain seperti sifat kekeluargaan dan jiwa gotong royong. Kedua unsur itu merupakan sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun dari asas kemanusiaan dan kebudayaan. Seperti semboyan "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh", contohnya seperti filosofi sapu lidi yang telah terikat menjadi satu. Jika satu batang lidi sapu diambil dan dipatahkan, tentunya akan sangat mudah mematahkannya. Namun jika mematahkan sapu lidi secara keseluruhan, maka akan sangat sulit mematahkannya. Berarti dari filosofi sapu lidi itu menjelaskan bahwa apabila kita berdiri sendiri akan mudah dikalahkan, tetapi jika bersama-sama atau bersatu akan sulit dikalahkan.
Begitu juga dalam kehidupan manusia. Kita harus saling menjaga keutuhan bangsa kita. Jika kita melakukan sendiri sendiri maka akan terasa susah dan rapuh kekuatan yang akan dihasilkannya. Tetapi jika kita menjaga keutuhan negara ini secara bersama-sama maka akan lebih mudah dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...