Senin, 05 Oktober 2015

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan Penting ?



Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan Penting ?


Mengapa harus belajar Pendidikan Kewarganegaraan ? Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan penting ?

         Mungkin itu menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Maka dari itu disini saya akan memaparkan sedikit tentang Pendidikan Kewarganegaraan dan pentingnya mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan untuk menjawab pertanyaan sebagian orang tersebut.

Pendidikan kewarganegaraan mungkin bagi sebagian orang nenganggap tidak penting, karena mungkin mindset mereka sudah sudah diatur dan menganggap bahwa mata pelajaran yang tidak di UN kan itu cenderung tidak penting, padahal Pendidikan Kewarganegaraan itu sangat penting karena Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan kita untuk menjadi warga negara yang baik.

Pendidikan Kewarganegaraan sudah kita kenal dan di ajarkan sejak kita menginjak di bangku Sekolah Dasar, walaupun hanya sekilas dan hanya dasar-dasarnya saja. Kemudian dilanjutkan lagi saat di bangku SMP, di sini pelajaran Pkn lebih di jelaskan lagi selanjutnya diperlugas ketika sudah memasuki bangku SMA. Jika ingin menguasai lebih dalam lagi Pendidikan Kewarganegaraan kita dapat memasuki jurusan pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.

Didalam pelajaran Pkn sendiri kita dapat mengetahui dan mengerti mulai dari hakikat bangsa dan unsur terbentuknya NKRI, sistem pemerintahan negara, hubungan dan organisasi Internasional, lembaga peradilan negara, hubungan konstitusi dengan UUD, penegakan HAM dan masih banyak lagi pelajaran yang dapat kita ketahui untuk menjadi warga negara Indonesia melalui Pendidikan Kewarganegaraan.

Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan juga membentuk kita menjadi warga negara yang cerdas, analitis, kritis, berpartisipasi aktif di lingkungan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan memiliki sikap-sikap tersebut kita dapat mengetahui kondisi negara kita, peristiwa apa saja yang tengah terjadi di dalam negara kita.

Nah, sekarang sudah tau kan bagaimana pentingnya belajar Pkn ? apalagi kita sebagai warga negara Indonesia harus mengetahui tentang negara kita. Akan tetapi di masa sekarang sangat disayangkan, banyak pelajar yang menganggap bahwa pelajaran Pkn itu tidak penting sehingga menyepelekan pelajaran ini.

 Ayook mulai sekarang berhenti menganggap Pkn itu tidak Penting untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...