Selasa, 06 Oktober 2015

oh..pkn?? penting gk sih??

Pkn?? Kita pasti sudah  tidak asing dengan kata tersebut. Sejak sekolah dasar pun kita sudah diajarkan apa itu pendidikan kewarganegaraan. Terbayang dikepala kita pasti didalam pkn didominasi oleh ayat, pasal, UUD dan lain-lain. Pentingkah jika kita sudah ketahui sperti itu. Mari kita bahas apa itu pkn? Mengapa pkn itu penting?
Pendidikan kewarganegaraan (pkn) adalah suatu cabang ilmu yang didalamnya mempelajari apapun tentang berkehidupan bermasyaratkat yang mempunyai pijakan berupa peraturan yang terbentuk dalam undang-undang. Jika dilihat akan pentingnya pkn kita bisa ambil dari contoh kehidupan sehari-hari kita seperti didesa bapak kepala desa mengajak warganya bertgotong royong membangun jalan, jika tidak ikut akan didenda sebesar 5000 per orang. Nah di sekolah kita sudah diajarkan guru kita bahwa gotong-royong itu penting itu diajarkan pada pkn. Juga ada kepala desa pasti sudah terfikir ohhLUBER JURDIL kata bu guru kita kalau memilih seorang pemimpin harus melihat pada kandidat agar tidak salah dalam memutuskan.
Contoh yang sekarang tren adalah kiblat masyarakat Indonesia yang lebih berbkiblat pada Negara lain apalagi dalam bidang perfilman. Disurvei dari dalam kelas saja lebih banyak dari teman-timan kita yang lebih suka drama korea dibanding drama Indonesia. Padahal sudah diajarkan oleh guru pkn kita bahwa kita harus cinta produk indonsia jadi sebisa mungkin kita melihat drama Indonesia daripada drama-drama Negara lain. Apalagi kita akan memasuki era MEA kita harus memperkuat ilmu kewarganegaraan kita agar kita tidak mudah terpengaruh dengan indahnya godaan Negara lain. Jika kita menganggap pendidikan kewarganegaraan itu tidak penting lagi, bisa jadi Negara kita rusak dengan sendirinya karena tidak mendapat perhatian dari kita sebagai pelaku berwarga Negara. Jadi mari kita sadari bahwa pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting untuk kita ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...