Senin, 05 Oktober 2015

Urgensi atau Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan




Pentingkah pelajaran PKN???? Kalimat itu selalu muncul dalam pikiran sebagian besar siswa, karena waktu SMA mengambil jurusan di bidang Ilmu Pengetahuan Alam, banyak siswa dari jurusan itu menganggap pelajaran PKN sering dikeluhkan karena terlalu banyak hafalan mulai dari hafalan ayat serta pasal-pasalnya yang menurut sebagian besar siswa tidak akan muncul di materi ujian nasional (UNAS), tapi mengenai spekulasi dari siswa-siswi yang bukan dari jurusan sosial, pentingkahkah pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan itu??? Mengapa harus dipelajari mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan menengah atas, mengapa pelajaran ini selalu muncul???
Pendidikan Kewarganegaran SANGAT penting bagi seluruh elemen pendidikan mulai dari pendidikan dasar dan menengah hingga tingkat perguruan tinggi sekalipun, karena pelajaran ini harus diajarkan kepada siswa-siswi agar mereka bisa menumbuhkan jiwa patriotisme dan rasa cinta terhadap bela tanah air negara ini yaitu Indonesia. Jika PKN tidak diajarkan maka hilanglah jati diri bangsa ini, mengapa demikian??? Karena bangsa Indonesia mempunyai pemikiran bahwa apa saja yang berasal dari luar negeri adalah sesuatu yang menakjubkan, jadi jika pelajaran ini dihilangkan atau dihapuskan maka bangsa ini akan lupa dengan jati dirinya. Karena pembelajaran PKN seperti alarm atau pengingat bagi jati diri kita. Mengutip dari kata presiden pertama yaitu Ir.Soekarno : “ JAS MERAH” yang maksudnya adalah Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Pelajaran PKN ini juga mengajarkan sejarah-sejarah bangsa ini. Pelajaran PKN yang paling diingat adalah pembukaan Undang-undang dasar 1945 dan pancasila saja, :) yang dimaksud dari pembelajaran PKN bukanlah itu tetapi pemupukan jiwa cinta tanah air kepada kaum muda agar selalu tumbuh dalam dirinya, disamping itu pelajaran PKN juga di tunjukkan pada kegiatan pramuka, maka tidak heran jika sekarang setiap jenjang pendidikan mewajibkan setiap siswa nya mengikuti kegiatan pramuka disekolahnya, ini juga menunjukkan betapa pentingnya jiwa pratiotisme dan cinta bela tanah air agar selalu tertanamkan pada diri kaum muda. Meskipun pelajaran PKN selalu dikesampingkan daripada pelajaran yang lainnya khususnya pelajaran UNAS, tetapi pelajaran PKN selalu eksis disetiap elemen pendidikan karena pelajaran ini adalah materi pokok dan pelajaran lainnya hanya lauk pauknya saja. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...