Selasa, 06 Oktober 2015

URGENSI ATAU PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


URGENSI ATAU PENTINGNYA PENDIKAN KEWARGANEGARAAN
Apasih urgensi pendidikan kewarganegaraan itu...??
Apa Pacasila juga ada keterkaitan didalamnya....!!
Jadii... disini saya akan menjelaskan sedikit pegetahuan saya tentang pancasila dan urgensi atau pentingnya pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan. 

Naahh..,., sejak TK kita juga sudah diajarkan mengenai menghafalkan pancasila mulai dari yang nomer 1.ketuhanan yang maha esa. 2. kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. persatuan Indonesia. 4. kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kepijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 
sejak SD/SMP/SMA juga di ajarkan bahkan di perguruan tinggi juga masih di pelajari , contoh pelajaran kewarganegaraan salah satunya pancasila. apa itu pancasila dan mengapa itu dipelajari, apa manfaat untuk kita mempelajari itu...?

Pancasila sendiri berasal dari bahasa sansekerta, kata "panca" yang artinya lima dan kata "sila" yang artinya dasar. jadi pancasila merupakan lima dasar atau lima tingkah laku yang baik. masih ingat pada waktu itu pancasila di gunakan oleh Bungkarno pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 juni 1945 dengan tujuan memberi nama pada lima dasar negara, yang pada saat itu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. setelah itu berkembang dan dikemudian hari sudah terjadi kesepakatan nasional bahwa nilai dri adat istiadat, budaya dan keanekaragaman .

Pancasila yang merupakan totalitas kebangsaan yang awalnya dari perkembangan dan perdebatan  dan akhirnya digunakan sebagai dasar negara. dan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki budaya, bahasa, agama, da berbagai keanekaragaman. dan nilai luhur dari pancasila yang digunakan sebagai dasar negara.

manfaat mempelajari pendidikan kewarganegaraan juga sangat banyak diantaranya; dari awalnya tidak menghafal pancasila bisa menghafakan dan bisa mengetahui arti dasi lima sila tersebut, dan dapat memerankannya dalam kehidupan sehari-hari baik mermasyarakat maupun bernegara. agar memiliki kesadaran dna sikap cinta terhadap taah air.  da dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam bernegara, menambah wawasan serta berperilaku yang baik dalam bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...