Selasa, 24 November 2015

Kewajiban dan Hak Guru dengan Siswa

NAMA : SILVI HIDAYATI  PURNAMI/D07215040/PGMI/1B
Kewajiban dan Hak Guru dengan Siswa
                Guru adalah seseorang yang bertugas untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa agar bisa mencapai tujuan pembelajaran. Guru itu berperan sebagai pengganti orang tua dari siswa atau peserta didik disekolah. Sedangkan siswa atau peserta didik adalah seorang anak yang sedang ingin mengetahui sesuatu hal yang baru atau sedang melakukan sebagai pelajar yang berhak menerima atau mendapatkan bimbingan belajar dari guru tersebut. Guru dan siswa atau peserta didik itu memiliki satu kesatuan dalam proses pembelajaran. Masing-masing tersebut mempunyai tugas dan fungsi sendiri-sendiri.
            Hak seorang guru adalah mengajarkan ilmunya sedangkan kewajibannya adalah mentransfer atau mengamalkan ilmu yang dimilikinya dan mengajarkan dengan modal atau gaya apapun yang imiliki sebagai seorang guru. Guru itu berhak mendapatkan kesejahteraan yang layak setelah segala kewajibannya telah terpenuhi.
            Hak seorang siswa atau peserta didik adalah mendapatkan bimbingan dari pelayanan yang baik dari gurunya. Sedangkan kewajibannya seorang siswa atau peserta didik yang paling utama adalah belajar,berusaha dan memahami ilmu pengetahuan yang sudah diberikan dari gurunya masing-masing.
            Sebenarnya guru dan siswa atau peserta didik itu sama-sama belajar yang disananya akan terjadi proses pembelajaran. Guru dan siswa atau peserta didik sama-sama mengupas kebenaran yang terjadi dalam ilmu pengetahuan yang beragam. Disanalah terjadi proses yang saling memberi informasi dan saling berkomunikasi. Dimana siswa bertanya disitu guru menjawab. Begitupun dengan sebaliknya, bila guru ingin menguji sampai dimana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah diberikan disitu siswa menjawab.
            Guru dan siswa atau peserta didik adalah pasangan pembelajaran yang tak akan pernah hilang dalam dunia pendidikan kita. Tinggal kita mengolahnya menjadi pasangan yang indah,penuh warna,dan disanalah para guru akan lebih mengenal karakter para siswanya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...