Selasa, 24 November 2015

CONTOH PELANGGARAN HAM oleh Enggar Maulana Putra PGMI 1B



" BUDAYA SANTET "


           Dari judul diatas mungkin tidak asing ditelinga kita,kita sering mendengar mengenai santet,guna-guna,teluh dan lain sebagainya. santet merupakan suatu tindakan seseorang menggunakan ilmu hitam untuk melukai orang lain dengan jarak jauh. jika dikaitkan dengan HAM tentu tindakan santet ini termasuk kategori pelanggaran HAM dikarenakan setiap manusia dimuka bumi ini punya hak untuk untuk hidup dan memperoleh kedamaian dalam menjalani hidupnya. dengan adanya budaya santet ini tentu akan membuat kehidupan manusia di landa dalam ketidakdamaian,pernah hal semacam ini terjadi pada keluarga saya sendiri tepatnya disalah satu kota di wilayah jawa timur, sebut saja namanya El, Dia adalah seseorang yang gagah,baik hati,sopan santun dan dapat dikatakan bahwa El ini adalah seseorang yang tergolong pendiam.
Suatu ketika disaat El sedang berkunjung di salah satu pantai di wilayah kota nya bersama keluarga termasuk saya dan teman-temanya. sesampai di pantai dia  di kenalkan oleh teman-temanya dengan seorang gadis sebut saja namanya Sr,dia anak pesisir pantai, namun berbeda dengan anak pesisir pantai lainya yang cenderung kumuh dan tidak memperhatikan dirinya Sr tergolong gadis yang cantik dan terlihat anggun dimata orang yang melihatnya,dan ternyata gadis tersebut merupakan teman dekat dari salah satu teman El tersebut,setelah lama berbincang-bincang untuk berkenalan nampak kelihatanya Sr ini suka dengan El saudara saya,dikarenakan tatapan mata dari seorang Sr tidak lepas untuk memandang El dan terus saja si Sr ini mendekati saudara saya El.
Setelah lama dekat dan tertawa bersama ternyata si Sr dengan beraninya mengatakan cinta kepada El namun dikarenakan El sendiri sama sekali tidak ada rasa suka dengan si Sr dan si El sendiri sudah bertunangan dengan pacarnya dengan tegasnya saudara saya El mengatakan bahwa dia tidak memiliki rasa sama sekali dengan Sr dan dia hanya menganggap Sr hanyalah sebatas teman, meskipun saya tidak mengetahui secara langsung mengenai hal ini karena saya mendengar cerita dari teman saudara El sendiri bahwa si El menolak rasa cinta dari Sr.
Kemudian dengan rasa sedihnya si Sr meninggalkan Teman-temanya termasuk kami untuk pamit pulang kerumah, dan tidak lama setelah itu kami juga Pulang kerumah,baru saja kaki menginjak kerumah entah kenapa saudara saya El merasa Sakit perut dan muntah darah dia mengatakan bahwa perutnya sakit seperti halnya ditusuk-tusuk oleh jarum dan karena kejadian itu El saudara saya langsung di larikan kerumah sakit dan sesampai di rumah sakit begitu naas saudara saya El meninggal dunia. dokter sendiri pun tidak mengetahui dengan pasti apa penyebab meninggalnya si El tadi dan setelah mendengar cerita dari teman El tadi bahwasanya El sebelumnya telah menolak cinta dari Sr temannya dan temanya juga bercerita bahwa di daerah pesisir pantai merupakan daerah yang memang rawan terjadi santet dan setelah di teliti ternyata betul si Sr tadi dengan sengaja menyantet saudara saya karena merasa sakit hati karena cintanya di tolak oleh saudara saya,dan akhirnya si Sr di tangkap polisi karena perbuatanya. mungkin dari cerita ini kita dapat mengetahui bahwasanya Santet merupakan salah satu perbuatan keji yang sudah pasti tergolong pelanggaran HAM karena ada unsur melukai bahkan membunuh sesama manusia,meskipun saya sendiri bukan saudara kandung dari El saya cukup perihatin dengan adanya kejadian tersebut karena memang saya dengan El tergolong dekat sekali dan dengan adanya cerita ini diharapkan ada tindakan tegas dari pemerintah mengenai tindak pidana penyantetan dikarenakan dengan adanya santet tentu akan meresahkan kehidupan masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...