Selasa, 24 November 2015

Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan dalam Kehidupan Sehari – hari



Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan dalam Kehidupan Sehari – hari

            Hak asasi manusia merupakan hak yang dimiliki setiap individu untuk memperjuangkan hidupnya secara bebas sesuai kehendaknya selama tindakanya tidak melanggar norma atau aturan yang ditetapkan dalam keluarga, masyarakat, dan negara atau pemerintahan sehingga tindakanya tidak merugikan orang lain.

            Jenis – jenis hak asasi manusia antara lain hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk memperoleh layanan kesehatan, dan sebagainya. Orang yang mengambil hak asasai seseorang akan mendapatkan sanksi bahkan hukuman penjara atau mati karena hak asasi merupakan hak dasar dalam kehidupan manusia.

            Meskipun kita mempunyai hak asasi kita juga harus memenuhi kewajiban kita sebagai seorang anak, warga negara, dan tentunya sebagai hamba Allah dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya hak asasi merupakan suatu hal yang harus kita terima dan kewajiban adalah suatu hal yang harus kita berikan. Jadi, selain kita menerima hak kita juga harus memberi.

            Cerita tentang pelanggaran hak asasi manusia yang ditemui dalam kehidupan sehari –hari, antara lain :

a.      a.  Pelanggaran hak asasi manusia di dalam keluarga

            Di dalam sebuah keluarga ada ayah, ibu, dan dua anak. Anak yang pertama sangat rajin, pandai, berprestasi dalam sekolah, patuh dengan kedua orang tuanya,santun, sopan, mandiri dan taat dalam beribadah sehingga sering membahagiakan dan membanggakan kedua orang tuanya, sedangkan sifat anak yang kedua sangatlah berbeda dan berkebalikan dengan anak yang pertama, dia pemalas, sering membolos sekolah karena sering mengikuti geng temannya yang nakal, sering keluar rumah tanpa pamit, pemarah, dan sangat menentang kedua orang tuanya sehingga dia sangat menyusahkan kedua orang tuanya. Karena hal ini orang tuanya sangat membenci anak yang kedua dan timbul sikap kasih sayang yang berbeda antara keduanya (pilih kasih) bahkan orang tuanya sering memukul dan memarahi anak keduanya secara tidak wajar jika dia menentang dan tidak mau menurut orang tuanya dan hal ini menjadikan si anak yang kedua malah semakin menjadi kenakalannya apalagi anak masih usia remaja sehingga fikirannya masih labil sehingga orang tua merasa putus asa dan tidak mau membiayai sekolahnya lagi .

            Didalam cerita ini terjadi pelanggaran hak asasi manusia pada anak (anak yang kedua) karena pada dasarnya anak mempunyai hak yang sama dalam memperoleh kasih sayang dari kedua orang tuanya dan anak juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikannya disini sebaiknya orang tua harus tetap menyekolahkannya, memberikan kasih sayang yang sama dengan kakaknya (anak pertama) dan berjuang mendidiknya secara baik - baik untuk menjadi lebih baik.

b.      b. Pelanggaran hak asasi di dalam Sekolah

            Di dalam kelas ada seorang guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Tetapi didalam kelas banyak perbedaan diantara para siswa termasuk perbedaan kecerdasan intelektual dan ekonomi siswa.

            Rani anak yang sangat pintar, rajin dan aktif dalam kelas dan keadaan ekonomi keluarganya sangatlah baik karena ayahnya sebagai ketua yayasan di Sekolahnya. Sedangkan Doni anak yang sangat nakal, pemalas, dan lambat dalam menangkap materi yang disampaikan guru dan keadaaan ekonomi keluarganya sangatlah miskin dan serba kekurangan. Sehingga dilihat dari sisi kecerdasan dan ekonomi Rani lebih baik daripada Doni . Disini guru menjadikan hal itu sebagai perbedaan dalam mengajar di kelas. Guru lebih memproitaskan Rani dari pada siswa yang lainnya dan seperti tidak menganggap adanya Doni dalam kelas. Guru lebih dominan mengajar dan berkomunikasi dengan Rani dari pada yang lainnya karena Rani anak dari ketua yayasan sekolah tempat dia berkerja dan Rani anak yang pandai. Guru mengajar tanpa memperhatikan apakah Doni sudah bisa memahami materi yang diajarkannya dan sangat jarang berkomunikasi dengan Doni. Hal ini membuat Doni merasa ketidak adilan dalam memperoleh pelayanan pendidikan di sekolahnya.

            Dalam cerita ini terdapat pelanggaran hak asasi manusia kepada Doni dalam hak menerima pendidikan karena pada dasarnya setiap siswa harus sama  dalam menerima pelayan pendidikan dan guru seharusnya memberikan pengajaran di dalam kelas tanpa memandang status dan sifat siswa sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan adil.

c.       c. Pelanggaran hak asasi manusia di dalam Masyarakat

            Dalam sebuah masyarakat terdiri dari banyak warga yang hidup saling berdampingan dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Dilihat dari segi ekonomi didalam warga juga terdapat perbedaan yaitu ada warga yang miskin dan serba kekurangan dan ada yang kaya dan sangat berkecukupan.

            Pada waktu yang sama ada warga yang miskin dan ada yang warga yang kaya yang bersamaan ke rumah sakit dengan penyakit yang sama untuk berobat. Tetapi proses pelayanan yang diberikan di rumah sakit tersebut sangat berbeda yaitu rumah sakit mengutamakan dan mengistimewakan warga yang kaya daripada warga yang miskin. Warga yang kaya diberikan ijin masuk untuk periksa dan opname terlebih dahulu dan warga yang miskin disuruh untuk menunggu sangat lama sekali. Dan dalam menangani dan memeriksa pasien dari warga yang kaya lebih sering sedangkan pasien dari warga yang miskin harus menunggu karena jarang dipriksa dan diperhatikan dari pihak rumah sakit bahkan jika kondisi pasien memburuk keluarga harus memanggil dokter terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena perbedaan administrasi dari kedua pasien tersebut. Warga yang kaya langsung membayar secara lunas sedangkan pasien dari warga miskin membayar administrasi dengan kartu jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat).

            Dari kejadian tersebut terjadi pelanggaran hak asasi manusia pada warga yang miskin karena tidak sama dan sulit dalam menerima menerima pelayanan kesehetan dibandingkan dengan warga yang kaya. Pihak rumah sakit seharusnya tidak membedakan dalam proses pelayanan kesehatan dengan melihat status sosialnya karena setiap orang berhak mendapatkan pelayan yang sama karena pelayanan kesehatan sangat penting bagi setiap orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...