Selasa, 24 November 2015

Keadilan



Keadilan

            Kesejahteraan terlampau jarang ditemui pada masyarakat pedesaan, terutama masyarakat kelas menengah kebawah. Seolah olah kesejahteraan merupakan ribuan anak tangga yang harus ditapaki tanpa memperdulikan lelah atau tidak perjalanan yang ditempuh. Kalau memang keadilan bersifat pasti dimana tidak akan ada perbedaan antara kata atas ataupun bawah. Sayangnya keadilan terkadang dilihat sebelah mata. Seperti pengalaman yang pernah dialami teman saya, panggil saja namanya Arjuna (nama samaran), dia sering sekali mengalami tindakan pengucilan oleh teman-teman lain, hanya dikarenakan si Arjuna adalah anak yang mempunyai kebutuhan khusus, sering saat dia mengerjakan sesuatu terkadang di ejek dan di olok-olok terkadang juga pernah di jelek-jelekkan, akan tetapi si Arjuna ini tetap diam menghadapi perlakuan tersebut.
            
            Si Arjuna terkadang juga pernah menangis karena perlakuan yang diterimanya, dia selalu sabar menghadapi semua perlakuan itu. Terkadang saya sebagai temannya tak tega melihat dia diperlakukan seperti itu, bagi saya dia adalah inspirasi saya dalam mempelajari kesabaran. Pada kejadian yang terjadi di atas keadilan seolah-olah telah hilang dan pupus dari kehidupan. Akan tetapi sesungguhnya keadilan itu tetap ada dan akan selalu tetap berlaku hubungan sebab akibat, karana apa yang kita tanam sekarang adalah apa yang akan kita tuai di kemudian hari.
       
           Semua yang ada di muka bumi ini tentunya patut kita teladani baik dari hal sekecil apapun, karena keadilan di kehidyupan ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, sebab karena keadilan itu penting untuk menghargai hak-hak yang dimiliki orang lain. dengan hak-hak yang kita bisa menghormatinya tentunya kita dapat menuai hasil yang berbuuah manis, yaitu kesejahteraan berupa kerukunan dan kedamaian yang berada pada hati, diri sendiri serta lingkungan lain.

            Bahwasanya Tuhan menciptakan kita bersama adalah supaya kita dapat belajar dan mengambil hikmah dari orang lain disekitar kita, sebab hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Maka karenanya penting sekali untuk bertindak simpatik dan kasih sayang terhadap sesama manusia dengan mewujudkan perdamaian dan keadilan di muka bumi ini. Sebab karena rasa sakit yang diderita seseorang adalah lebih sakit jika martabat dan harga diri kita dilecehkan ditempat umum, dirampas tanpa memikirkan rasa sakit yang diterima si korban. Maka dari tu sebuah kehidupan yang baik adalah apabila kehidupan itu ditebari dengan kelakuan baik. Sebaik baik manusia ialah yang bermanfaat bagi sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...