Senin, 21 Desember 2015

ANCAMAN GERAKAN RADIKALISME DI INDONESIA



Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau, banyak suku, agama, ras, dan aliran-aliran atau golongan masyarakat dan pada era sekarang banyak sekali ancaman gerakan radikalisme di indonesia.

Diera zaman sekarang yang menjadi ancaman baru bagi keseimbangan disetiap negara adalah islam radikalisme ini seperti di Indonesia, jika dipahami dari arti Radikalisme adalah suatu paham yang menghendaki adanya perubahan atau pergantian terhadap suatu sistem dimasyarakat sampai ke akarnya, jika perlu dilakukan dengan menggunakan cara-cara kekerasan, atau menginginkan adanya perubahan total terhadap suatu kondisi atau semua tentang aspek kehidupan masyarakat. Padahal Islam sejatinya sendiri itu agama yang memberikan keamanan, kenyamanan, ketenangan dan ketenteraman bagi semua makhluknya. Tidak ada satupun ajaran di dalamnya yang mengajarkan kepada umatnya untuk membenci dan melukai makhluk lain, kalau ada itu adalah bagian kecil dari salah satu upaya pemecahan masalah yang dilakukan umatnya dan bukan ajarannya.

Kitab suci Al- Qur’an dan sunnah rasul diyakini oleh umat islam sebagai sumber utama dalam memecahkan semua yang ada. Keyakinan ini adakalanya bisa menjadi obat penenang dan bisa juga menjadi alasan untuk merugikan pihak lain, semua itu tergantung dari umatnya dalam memahami kitab suci Al- Qur’an ataupun sunnah rasul dan Aksi kekerasan teror yang terjadi selama ini kebanyakan dilakukan oleh sekelompok orang mengatas namakan agama. Contohnya sendiri kayak tragedi bom di Bali. Akibatnya dari ulah oknum umat islam yang seenaknya dan semena-mena dalam memahami ajaran yang ada. 

Akibatnya juga pengaruh buruk yang dimunculkan masyarakat lain terhadap islam dari sekian banyak kasus yang melahirkan pengaruh buruk terhadap islam hal ini tidak hanya disebabkan kesalah fahaman dalam memahami ajaran agama islam terkadang juga ada orang yang agama acapkali dijadikan alasan kebenaran untuk melampiaskan hawa nafsu.

Kondisi ini melahirkan ironi sebab muslim merupakan mayoritas dinegeri ini. Tetapi setelah tragedi di bali itu, saya yakin masyarakat indonesia akan semakin menyadari dan memahami ajaran islam yang sebenarnya itu seperti apa. Dan mungkin juga mereka berpikiran islam itu memaksa, kekerasan, penyiksaan, dan pertumpahan darah. Tetapi pada saat yang sama muslim asli Indonesia juga tidak boleh berhenti mengembangkan islam yang maju dan modern. Kuat terhadap prinsip ajaran. Dan gerakan islam radikalisme ini memiki misi ingin menciptakan sebuah tatanan negara berbasis islam, cara mereka untuk mewujudkannnya pun ditempuh melalui berbagai macam cara dari mulai dakwah, dengan melakukan kekerasan bagi agama lain sampai berperang.

 Sementara yang kita ketahui sebagai umat muslim, islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk membunuh dan bertindak kasar terhadap sesama manusia, islam pun juga mengajarkan umatnya untuk menghargai perbedaan yang ada. Jika kita lihat yang terjadi pada gerakan islam radikalisme ini pun sudah menyalahi ajaran-ajaran islam itu, mereka beranggapan bahwa mereka memperjuangkan islam namun tetapi hal itu dipandang oleh msyarakat luas bertentangan dengan islam itu sendiri.

Gerakan ini pula mengancam kerukunan hidup berbangsa dan bernegara lewat tindakan kekerasan, bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang menamai diri mereka sebagai aliran garis keras, sementara itu selama ini yang sama-sama kita ketahui bahwa islam adalah agama Rahmatan lil Alamin agama yang menghargai sesama manusia dan perbedaan pandangan terhadap agama karena islam adalah agama yang memanusiakan- manusia. Dan dinilai dari ajaran-ajaran islam tersebut bisa saya simpulkan bahwa islam pun tidak pernah mengajarkan umatnya untuk melakukan tindakan kekerasan bahkan membunuh seperti yang dilakukan kelompok- kelompok yang mengatas namakan islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...