Senin, 21 Desember 2015

 Ancaman Radikalisme di Indonesia

Radikalisme adalah aliran keras yang merupakan  kumpulan para orang fanatik dalam keagamaan dan menginginkan pembaharuan dalam dunia politik. Contoh terdekat mengenai negara indonesia sendiri. Di indonesia ini terdapat lima agama diantaranya hindu, budha, katolik, kristen dan islam. Tetapi di indonesia ini kebanyakan orang-orang beragama islam. Islam merupakan agama yang universal yakni agama yang mencakup semua aspek kehidupan dan merupakan agama yang terakhir dan memiliki pedoman al quran dan as sunah, al quran yang merupakan kitab yang datang dari allah sebagai kitab penyempurna dari kitab yang sebelumnya.

 Didalamnya terdapat banyak pengajaran yang baik bahkan tidak ada satupun pengajaran yang jelek atau buruk. tidak akan ada satupun ajaran yang menyesatkan, membenci dan menyakiti sesama makhluknya sendiri. Meskipun ada, itu merupakan upaya pemecahan masalah yang dilakukan umatnya dan bukan termasuk ajarannya. Dalam pemecahan masalah islam sudah memiliki penengahnya yakni al quran dan as sunah sebagai sumber dalam pemecahan masalah. Dan semua hanya bergantung dari umatnya dalam memahami quran dan as sunah.

Hanya persoalan merebutkan kekuasaan dalam dunia kepemimpinan dan dunia politik saja menjadi terbentuknya banyak golongan dalam islam. Diantaranya radikalisme yang merupakan sekelompok yang merespon terhadap kondisi yang sedang terjadi, biasanya respon tersebut muncul dalam bentuk evaluasi penolakan atau juga dalam bentuk perlawanan. Masalah yang ditolak dapat berupa asumsi, ide, lembaga atau nilai-nilai yang di pandang bertanggung jawab terhadap kondisi berlangsungnya ketika ditolak.

Mereka tidak berhenti dari upaya penolakan melainkan terus berupaya mengganti tatanan dalam bentuk tatanan yang lainnya. seperti inilah yang menunjukkan bahwa kaum radikal berupaya untuk menjadikan tatanan tersebut sebagai ganti tatanan yang ada. Sikap radikal mengandalkan keinginan untuk mengubah keadaan secara mendasar.

Kemudian kuatnya keyakinan kaum radikal akan kebenaran program atau ideologi yang mereka bawa. Kuatnya keyakinan mereka dapat menyebabkan munculnya emosional dikalangan kaum radikal. Mengenai fundamentalisme dengan radikalisme keduanya ada hubungan atau keterkaitan yang kembali pada masyarakat pada dasar-dasar agama.
Biasanya fundamentalisme diiringi oleh radikalisme dan kekerasan ketika kebebasan kembali  pada agama yang dihalangi oleh situasi sosial politik yanng terdapat dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...