Senin, 21 Desember 2015

1C-HANI' ANNUNI-D97215092-REVISI

Ku Temukan Jati Diriku di PKN

Pendidikan Kewarganegaraan tidaklah asing di telinga kita. Karena dari sekolah tingkat TK sampai Kuliahpun kita tetap menjumpai dan mempelajari PKN. Tanpa kita sadari, PKN telah memberikan banyak sekali pelajaran yang sangat berhubungan dengan kehidupan kita dalam bermasyarakat. Bagaimana tidak, PKN mengajarkan kita untuk hidup rukun dan saling tolong menolong kepada sesama, juga mengajarkan agar kita bias menjadi warga Negara yang berbudi pekerti baik.

Jati diri seseorang tidaklah serta merta bisa diketahui tanpa adanya dasar petunjuk yang jelas. Tetapi karena adanya PKN, telah membantu kita untuk menemukan jati diri kita yang sesungguhnya, yakni sebagai warga Negara Indonesia. Melalui PKN, kita bisa mempelajari banyak hal tentang Bangsa dan Negara Indonesia. Kita bisa mengetahui akan struktur kepemerintahan beserta tugas-tugasnya. Dan kita bisa mengetahui bahwa asas yang berlaku di Negara kita adalah asas “Demokrasi”. Yang mana rakyat memberikan ketentuan dalam masalah-masalah pokok mengenai kehidupannya, karena kedaulatan berada di tangan rakyat.

Secara tidak langsung, PKN telah menumbuhkan rasa cinta kita kepada tanah air Indonesia, menumbuhkan rasa semangat juang kita untuk selalu membela dan menjaga keamanan Negara Indonesia. Sehingga, kita sebagai warga Negara yang baik, kita harus mengamalkan apa yang telah kita dapatkan dari mempelajari PKN dengan tulus hati. Karena, semua  itu akan mengantarkan kita menuju jati diri sebagai warga Negara Indonesia yang bermartabat. Semua ini membuat saya pribadi menjadi semakin cinta dengan pelajaran PKN.
Bottom of Form



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...