Jumat, 18 Desember 2015

Buah Hati Yang Tersakiti

Saya ingin bercerita sedikit tentang perilaku yang tak seharusnya dilakukan kepada buah hatinya (pelanggaran HAM).
Ditahun-tahun dulu dan tahun sekarang banyak terjadi yang namanya pelanggaran HAM, salah satunya penganiayaan terhadap terhadap anaknya hal ini terjadi didesa saya desa di Jedongcangkring, Prambon, Sidoarjo, anak tersebut berumur sekitar  12 tahun, dia bernama Alfin.
            Suatu ketika ia meminta sesuatu barang kepada orang tuanya semisal meminta mainan, tetapi orang tuanya tidak mau membelikannya karena keadaannya sedang krisis keekonomian. Disamping itu si anak terus menangis ingin memintak untuk dibelikan mainan tersebut. Nah pada saat itu si orang tuanya pun dengan spontannya langsung memukul – mukul, menjorok – jorokan ke bawah, dan mencubit - cubit si anak tersebut hingga suara tangisannya semakin keras.
Nah, hal tersebut juga merupakan awal kesalahan dari kedua orang tuanya, yang semasa kecilnya ia selalu dituruti jikalau si anak memintak apapun. Jikalau anak dari kecil sudah di manja atau selalu dituruti maka anak saat dewasanya akan salalau timbul hal yang ingin terus dimanja.
Jikalau anak diusia dini maka sebaiknya diajari sikap mandiri dan mengarti akan suatu keadaan hal apapun baik itu ekonomi atau lain - lainnya.
Nah pada saat si anak diusia dininya orang tuanya memanjakan si anak,  orang tuanya  tidak melihat – lihat dulu akan keekonomiannya apakah sudah tepat dalam memanjakannya atau tidak. Saat keekonomiannya menipis, si anak memintak ingin dibelikan mainan yang seperti teman – temannya namun si anak iri pada teman – temannya akan mempunyai mainan yang bagus – bagus. Maka mau tidak mau orang tuanya harus menurutinya, hal itu dapat membebankan orang tuanya juga.
Hal tersebut bisa juga berdampak pada si anak ;
1.      Akan muncul rasa tertekan
2.      Kalakuannya semakin nakal
3.      Dalam sifatnya ia akan suka menagis
4.      Muncul rasa trauma
5.      Suka mengurung diri, dan lain – lain.

Jadilah orang tua dengan sebaik – baik mungkin dan sanyangilah buah hati dengan ikhlas dan tulus karena buah hati merupakan suatu anugrah atau titipan dari Allah swt. Maka kita harus menjaganya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...