Selasa, 22 Desember 2015

Radikal Jihad Modern?

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Baru-baru ini kita sering di hebohkan isu tentang radikalisme yang terjadi di negara tetangga kita. Apa sih radikalisme itu? . Radikalisme dari kata radikal yang berarti keinginan yang amat keras untuk melakukan perubahan. Bila kita sandarkan dengan kata radikalisme maka berarti suatu ideologi yang menginginkan perubahan suatu tatanan sesuai dengan yang dikehendaki orang atau suatu kelompok tertentu dengan cara apapun meskipun itu berupa aksi anarki, sebab keinginan kuat itulah pendorong mereka untuk berbuat sedemikian rupa agar tercapai tujuan mereka.

Isis termasuk gerakan faham radikal kah? Tentu mereka menginginkan kedaulatan islam atas negara-negara tentang kholifah sebagai pemegang kekuasaan. Mereka menginginkan perubahan di bumi ini, menghalalkan segala cara, demi tercapainya tujuan mereka meskipun itu merupakan darah sesama muslimnya. Banyak diantara mereka mendeklarasikan dirinya sebagai jembatan menuju islam yang maju berdaulat. Sampai mereka menyebut penyerangan sesama muslim yang tak sependapat mereka merupakan jihad, aksi anarki penyerangan ratusan orang tak bersalah merupakan jihad, penghancuran rumah serta meluluh lantahkan negara termasuk jihad. Terus apa sih sebenarnya jihad itu?.

Jihad secara garis besar bisa diartikan sebagai perjuangan untuk menegakkan syariat islam, sesuwai ayat Al-Qur'an tentang berjihad:
 وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَآفَّةً وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
“ Dan perangilah orang-orang kafir secara keseluruhan sebagaimana mereka memerangi kalian secara keseluruhan.” (QS. At-Taubah:36). Kata sebagaimana di sini memiliki pemahaman seperti mereka menyerang kalian, dapat disimpulkan ayat tersebut menerangkan bahwa kita diperintah memerangi kaum kafir seluruhnya, jika mereka memerangi kita secara nyata. Lalu apakah mereka yakni sesama muslim yang tidak sependapat dengan isis termasuk kafir? Bagaimana hukumnya mengkafirkan sesama muslim? Atau pernahkah orang-orang yang tidak bersalah yang diserang isis menyerang isis? Lantas bagaimana penyerangan isis bisa di sebut dengan jihad?

Dari seluruh pertanyaan di atas dapat disimpulkan bahwa apa yang di kerjakan oleh isis itu bukan termasuk jihad, gerakan radikalisme yang menginginkan islamisasi seluruh dunia hanyalah suatu yang mustahil, mengapa?, jelas karena tidak mungkin di seluruh dunia ini mau di bunuh semua bila tidak mau masuk islam, coba banyangkan orang-orang banyak berbondong-bondong datang ketempat eksekusi guna mengantri untuk di eksekusi?, sungguh hal yang menggelikan.

Jihad di wajibkan bila kita diperangi toh sekarang banyak cara untuk berjihad, salah satunya yaitu memerangi diri sendiri. Menjadi guru ngaji apakah termasuk?, sangat karana mereka juga menegakkan syariat islam di bagian dalam islam, mau jihad secara moderen?, gampang tinggal pergi saja ke sekolah-sekolah ajari mereka yang miskin moral, jadikan penerus bangsa sebagai pondasi yang kuat dalam menghadapi berbagai macam serangan-serangan yang dapat mengoyakkan jiwa-jiwa suci mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...