Selasa, 22 Desember 2015

Radikalisme Pasti Berhaluan Kekerasan



RADIKALISME ????
Image result for radikalisme                Indonesia merupakan sebuah negara yang emiliki islam terbesar didunia, tetapi bukan merupakan negara islam. Namun bangsa Indonesia juga merupakan Negara multikultura yang memiliki banyak suku, agama, ras dan golongan dan setiap golongan memiliki kepentigan tersendiri, memiliki sudut pandang dan cara berfikir yang berbeda-beda yang bisa menimbulkan adanya perpecahan. Dan akhir-akhir ini muncul berbagai media sosial tentang sikap radikal masyarakat tehadap pemerintah. Kekerasan atau sikap radikal masyarakat menjadi cara yang biasa dilakukan untuk memprotes atas tidak terimanya dengan kebijakan pemerintah.  Sebenarnya kita sebagai warga Negara yang baik seharusnya melakukan hal-hal yang membangun Negara bukan malahmelakukan hal-hal  yang dapat merugikan Negara.
                Dari definisi radikalisme itu sendiri adalah suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan pembaharuan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastic dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Kekerasan yang mengatasnamakan agama atau keyakinan sering dikaitkan ke dalam ranah alira radikalisme dan terorisme jadi antara aliran radikalisme dengan terorisme itu ada hubungan nya antara satu dengan yang lain.
Munculnya aliran terorisme di Indonesia ini akibatnya adalah aliran radikalisme meyakini bahwa kitab suci mereka mengajarkan kebenaran dan hanya ada tunggal saja dan juga menganggap bahwa agama lain itu tidak benar. Dilihat dari ketaatan (buta) masyarakat terhadap pemimpin agama yang berlebihan, sehingga beranggapan bahwa setiap perkataan pemimpin agama dianggap sebagai kebenaran yang hakiki atau mutlak kebenarannya.
                Contoh dari aliran radikalisme keagamaan yang terjadi di Indonesia adalah munculnya berbagai kelompok agama yang berhaluas keras, salah satunya adalah kelompok HTI, setiap kita mendengar kata HTI tentu saja tidak mungkin kita sembarangan mengatakan sesat. Bahkan HTI hanyalah sekelompok kaum muslimin itu sendiri yang berusaha memperjuangkan islam dengan cara penafsiran mereka sendiri, setiap yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan Al-qur’an dan rasulullah maka tidak dapat dihukumi sesat begitu saja. Tidak semuanya HTI itu menafikkan kelompok islam lain, namun memang ada beberapa pengikut HTI yang karena ketidaktahuannya dalam beragamanya masih rendah dan masih membutuhkan pengajaran islam yang lebih sempurna lagi dan juga karena akhlak pribadinya yang kurang mendukung seringkali berbenturan dengan kelompok islam yang lain. Yang paling sering mengemuka dalam kasus-kasus semacam ini adalah sifat mereka dirinya yang paling besar, paling sunnah dibanding kelompok—kelompok lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...