Sabtu, 19 Desember 2015

Pentingnya Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari


Pentingnya Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
(Dian Saraswati D07215007 PGMI 1A)

           Dulu kita lebih sering mengenalnya dengan PPKN, dengan seiring waktu dirubahnya kurikulum pembelajaran, yang dulu namanya PPKN sekarang berubah menjadi PKN (Pendidikan Kewarganegaraan). Disekolah tingkat SD/MI PKN mengajarkan tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pengamalan Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, siswa diajarkan untuk beriman kepada Tuhan yang sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya. Selain itu, siswa juga diajarkan untuk menumbuhkan jiwa toleransi, yaitu menghargai dan menghormati dengan orang yang berbeda dengan kita. Misalnya saat seseorang yang berbeda agama sedang melakukan ibadah kita harus menghormatinya. Pancasila sila kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab, pada sila ini pada hakikatnya semua manusia itu dianggap sama di dunia ini. Contoh pengamalan sila kedua yaitu ketika ada seorang teman kita tertimpa musibah bencana alam maka kita sebagai warga masyarakat yang baik maka kita harus menolongnya dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.
            Pancasila sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, sila ini berhubungan terhadap perilaku kita sebagai warga Negara Indonesia untuk bersatu membangun negeri. Indonesia terdiri dari beberapa pulau dari situ terbentuklah berbagai suku bangsa dengan berbagai macam perbedaan pula, mulai dari bahasa, warna kulit, tradisi dan lain sebagainya. Meskipun terdapat banyak perbedaan, Indonesia tidak boleh menjadi terpecah belah, kita harus memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme pada diri kita. Seperti semboyan kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda – beda tetapi tetap satu jua.
            Pancasila sila keempat yaitu Kerakyatan yang  Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, sila ini berhubungan dengan setiap menyelesaikan apapun yang tidak dapat terselesaikan maka kita harus melakukan musyawarah terlebih dahulu dan lebih mementingkan kepentingan bersama. Contohnya pada saat melakukan pemilihan ketua RT di sebuah desa maka kita harus melakukan musyawarah terlebih dahulu untuk menimbang berbagai hal, mampukah seseorang tersebut jika diamanati menjadi ketua RT dan tentunya melalui keputusan bersama. Pancasila sila kelima yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, sila ini berhubungan dengan bersikap adil terhadap semua orang. Misalnya melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial, menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama. Jadi sangatlah penting mempelajari pelajaran PKN dan akan lebih bagus apabila kita dapat mengamalkan isi dari pelajaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...