Selasa, 22 Desember 2015

Radikalisme di indonesia

RADIKALISME DI INDONESIA

Kita mengenal Indonesia sebagai negara pluralis, di mana kemajuan hadir dan berkembang di dalamnya. Sebut saja, suku, ras, budaya, bahkan agama. Ketika keyakinan terhadap suatu agama itu cenderung di mutlakkan maka akan sangat berpotensi pada timbulnya pergesekan atau ketegangan. Apabila hal itu yidak segera diatasi maka semakin lama akan terjadi benturan yang mengakibatkan terpecah belahnya serta perusakan-perusakan kehidupan manusia serta mengancam kemajemukan yang telah ada. Kekerasan atau radikal kadang menjadi cara yang sering dilakukan untuk memprotes kebijakan pemerintah. Sebagai warga negara yang baik seharusnya tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan negara kita, namun diperlukan suati sikap yang bisa membangun negara dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintah demi kepentingan seluruh warga negara.
Tindakan Radikalisme
Tindakan radikalisme atau radikalisme merupakan paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan social politik dengan cara kekerasan atau drastis. Adapun yang mengemukakan definisi radikalisme menyamakannya dengan teroris. Namun adapun perbedaannya bahwa radikalisme adalah kebijakan sedangkan teroris adalah bagian dari kebijakan radikal tersebut. Akan tetapi anggapan di masyarakat awam bahwa radikalisme dilakukan oleh satu agama tertentu saja dan anggapan tersebut tidak salah, karena kenyataannya demikian. Seperti halnya teror, peristiwa peledakan bom ini merupakan mengancam rasa aman masyarakat. Seperti dalam kategori teror ini adalah bahaya narkoba, korupsi dan ancaman kemanusiaan yang lainnya seperti pengangguran, penggusuran, dan lain-lain.
Peran negara dalam menjamin rasa aman warga negara menjadi demikian vital. Karena itu, beragam peristiwa yang melahirkan ketidak amanan seperti teror, peledakan bom,perlu mendapat perhtian tersendiri. Negara harus benar-benarserius memikirkan upaya untuk melawan radikalisme dan terorisme yang kini kian menggejala. Misalnya menyiapkan beberapa agenda strategi seperti: reformasi sektor keamanan, reorientasi pendidikan, dan kampanye sosial-kultural secara massif. Namun demikian, point terpenting dari upaya untuk memutuskan mata rantai radikalisme dan terorisme adalah dengan memperkuat dan memper erat “rantai” keinsyafan bersama, baik di level struktural maupun di rana sosial untuk menjadikan radukalisme dan terorisme sebagai musuh bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...