Selasa, 22 Desember 2015



Oleh: Rensiska Diastutik
ANCAMAN GERAKAN RADIKALISME DI INDONESIA
Dewasa ini seiring berkembangnya zaman, semakin bekembang pula cara berfikir manusia. Baik itu berfikir secara positif maupun berfikir negatif. Manusia mencoba membuat temuan-temuan baru agar terlihat dirinya itu unggul dari yang lainnya. Adanya sebuah gerakan itu salah satu wadah yang nantinya akan timbul penemuan-penemuan. Namun tak jarang sebuah gerakan itu menjerumus ke hal-hal yang negatif meskipun banyak pula gerakan yang didalamnya bergerak ke hal-hal yang positif.
Banyak orang yang masih belum mengenal istilah gerakan-gerakan yang ada saat ini, seperti gerakan feminisme, gerakan fanatisme, gerakan militanisme, gerakan transnasionalisme serta gerakan-gerakan yang lainnya. Khususnya orang awam, mereka pernah menjumpai gerakan itu secara tidak langsung namun mereka tidak mengetahui istilah dari gerakan tersebut. Dari ketidak tahuan itu ditakutkan nantinya mereka tidak bisa memilah mana yang baik dan mana gerakan yang kurang baik. Oleh sebab itu sangat penting belajar untuk mengetahui gerakan-gerakan yang ada saat ini. Nantinya juga akan berdampak pada kehidupan kita.  Khususnya gerakan yang perlu diketahui adalah gerakan radikalisme. Gerakan ini penting diketahui karena akan berdampak besar dalam kehidupan.
Pada hakikatnya gerakan radikalisme merupakan sebuah gerakan yang idealismenya adalah menginginkan adanya sebuah perubahan dalam kehidupan sosial politik, namun didalamnya mengandung unsur kekerasan. Dalam praktiknya radikalisme muncul lebih condong ke segi agama.  Karena lewat agama nantinya para penggerak akan mengatasnamakan agama itu.  Namuan dibarengi dengan tindak kekerasan dengan mengatasnamakan kebaikan dan kebenaran moral dalam rangka  menegakkan kebenaran. Berbicara tentang radikalisme pasti tidak akan jauh dari agama islam, karena umat islam masih sangat rentan terhadap godaan gerakan radikalisme di sebabkan umat islam masih berada jauh ada di belakang peradaban. Dalam posisi ketertinggalan ini yang membuat mereka berfikiran pendek atau menempuh jalan pintas dalam mencapai tujuan padahal dampak dari hal tersebut akan berujung pada penderitaan, penyesalan, dan kegagalan.
Dari pemaparan diatas buakan berarti semuanya berkonotasi negatif. Namun ada juga dalam praktiknya radikalisme ditujukan untuk kebaikan melalui nilai-nilai kehidupan manusia. Namun radikalisme yang menggunakan cara kekerasan tentu merupakan hal yang negatif yang dapat menghancurkan umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...