Selasa, 22 Desember 2015

ANCAMAN GERAKAN RADIKALISME DI INDONESIA



ANCAMAN GERAKAN RADIKALISME DI INDONESIA


          Pada zaman sekarang ini sulit sekali mencari kehidupan yang damai dan tentram ,berbeda sekali ketika kita masih hidup pada tahun-tahun sebelumnya yang masih bisa merasakan indahnya perdamaian.Hilangnya sikap perdamaian itu merupakan sebuah bencana kecil yang sudah menimpa kehidupan bukan hanya dirasakan di Indonesia saja,namun juga hilangnya rasa perdamaian juga dirasakan diseluruh dunia.
          Pikirkan saja sekarang-sekarang ini ketika kita mau melakukan atau mengerjakan sesuatu yang dikerjakan diluar rumah,pasti kita akan merasa was-was atau khawatir.Kekhawatiran ini muncul disebabkan banyak sekali tindakan-tindakan yang kurang baik yang berada diluaran sana.Contoh saja dulu anak kecil masih berumur 7 sampai 12 tahun lingkungan pergaulannya masih disekitaran rumah.Umur 12-15 tahun anak sudah mulai beranjak remaja dan mulai tumbuhlah sikap rasa keingin tahuan mereka,sehingga mereka mulai mencari-cari apa saja yang ada diluaran sana atau kata lainnya mereka mencari jati diri mereka.
         Dan disaat mereka mencari jati diri mereka ,mereka akan menemui banyak sekali perbedaan-perbedaan yang ada diluaran sana dengan apa yang telah anak-anak dapatkan dari keluarga.Sehingga anak-anak akan mempunyai banyak pengetahuan.Meskipun anak-anak yang sudah tumbuh menjadi remaja ,bukan berarti remaja tersebut akan dibiarkan begitu saja ,tanpa adanya pengawasan dari orang tua dan pengawasan dari lingkungan.Karena akhir-akhir ini banyak sekali anak-anak remaja yang mengikuti sebuah organisasi yang tanpa diketahui apa maksud dan tujuannya organisasi itu ada.Seperti halnya sekarang-sekarang ini ada sebuah organisasi yang bersikap atau memiliki dampak negative bagi lingkungannya .
          Serta organisasi ini memiliki sikap yang sangat keras sekali dalam keorganisasian.Organisasi ini sangat ditentang sekali baik di Indonesia maupun dimata Dunia.Karena organisasi ini dianggap akan menghancurkan rasa perdamaian ,dan akan merubahnya menjadi rasa permusuhan .Sikap ini bisa disebut dengan Radikalisme ,karena sikap radikalisme itu memiliki ciri-ciri tersendiri yaitu melakukan segala sesuatu dengan cara kekerasan tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi kepada orang lain.
          Jadi kita sebagai manusia yang masih memilik jiwa kemanusian terhadap sesama.Bagaimana cara kita untuk menghadapi sikap-sikap radikalisme yang datang agar kita tidak ikut terpengaruh dengan sikap-sikap radikalisme seperti itu.serta faktor-faktor apa saja yang bisa memunculkan sikap radikalisme itu sendiri.
          Terus pengertian Radikalisme itu sendiri apa sih ? Radikalisme adalah suatu sikap atau perilaku yang tidak mementingkan keadaan orang lain dan ingin menguasai segala sesuatu atau ingin mencapai sesuatu dengan cara kekerasan.Sikap radikalisme ini biasanya muncul disaat orang yang menganggap dirinyalah yang paling berkuasa atau orang yang dulunya sering mengalami diskriminasi yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya.Dan sikap ini muncul dikarenakan beberapa faktor atau sebab yang mempengaruhinya.
         Faktor-faktor tersebut adalah dari lingkungan atau pergaulan maksudnya setiap orang pasti akan melaksanakan kegiatan interaksi dengan orang lain ,tanpa adanya pembatasan diantara orang yang berinteraksi. Sedangkan faktor yang kedua adalah turunnya keimanan kepada Tuhan.Orang yang hidupnya sudah jauh dari tuhan pasti dia akan mudah sekali terpengaruh dengan hal-hal yang buruk karena tidak adanya kepercayaan yang tinggi pada Tuhannya.

          Faktor yang ketiga adalah adanya ingin menguasai.Maksudnya adalah orang –orang yang ingin menjadi penguasa pasti ia akan melakukan segala sesuatu ,agar keinginannya dapat tercapai sesuai harapannya.Sehingga ia rela melakukan segala sesuatu itu dengan cara berbuat kekerasan kepada orang lain.Agar tujuan yang dinginkannya dapat tercapai dengan cepat dan mudah.Dengan adanya faktor-faktor tersebutlah yang dapat memungkinkan seseorang untuk berbuat tindakan Radikalisme terhadap orang lain.Terus bagaimana cara kita agar terhindar dari pengaruh sikap radikalisme tersebut ? 
        Cara yang memungkinkan agar bisa terhindar dari radikalisme adalah yang pertama jangan mudah terpengaruh dengan ajakan teman dalam hal mengikuti kegiatan yang tidak jelas Cara yang kedua dalah dengan cara lebih banyak mendekatkan diri kepada Tuhan.Sesungguhnya jika kalian bisa mendekatkan diri pada tuhan maka kalian akan tidak akan mudah terpengaruh dengan ajakan-ajakan yang tidak baik.
       Cara yang ketiga adalah mencarilah sebuah kesibukan agar kalian tidak akan pernah ada kepikiran dalam hati untuk mengikuti kelompok-Kelompok yang memiliki aliran atau ajakan yang kurang baik.Dan banyak sekali cara-cara yang dapat digunakan agar terhindar dari kelompok-kelompok yang tidak baik.
          Dan dengan adanya tindakan Radikalisme sendiri tidak ada dampak postif yang muncul sebab tindakan yang selalu dilakukan dalam sikap radikalisme selalu mengandung unsure kekerasan .Sehingga banyak sekali orang yang tidak menyukai tindakan Radikalisme tersebut.
          Oleh karena itu dengan adanya pembelajaran tentang Sikap Radikalisme dengan segala Sikap yang dimiliki anggotaa-anggotanya,dengan segala faktor-faktor yang dapat mempengaruhi agar bisa berbuat radikalisme serta bagaimana cara mengatasi agar terhindar dari radikalisme .Semoga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.Dan janganlah pernah untuk mencoba menjadi sikap yang tidak sesuai dengan hatimu ,karena itu akan membuat engkau menjadi orang yang berbeda.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...