Selasa, 22 Desember 2015

Arti radikalisme

Ida Ziyadatur R (D07215015)

Artikel Radikalisme
Pada zaman sekarang ini banyak sekali aliran atau paham baru yang bermunculan, khususnya pada bangsa kita sendiri yaitu bangsa Indonesia. Seperti golongan ISIS, golongan ISIS adalah golongan baru yang ada di Indonesia. Kebanyakan golongan-golongan baru ini mereka menganggap bahwa golongan mereka lebih benar daripada golongan yang lain, mereka sangat fanatik terhadap golongan mereka sendiri.
Radikalisme adalah suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.
Namun bila dilihat dari sudut pandang keagamaan dapat diartikan sebagai paham keagamaan yang mengacu pada fondasi agama yang sangat mendasar dengan fanatisme keagamaan yang sangat tinggi, sehingga tidak jarang penganut dari paham / aliran tersebut menggunakan kekerasan kepada orang yang berbeda paham / aliran untuk mengaktualisasikan paham keagamaan yang dianut dan dipercayainya untuk diterima secara paksa.
Tapi sebenarnya radikalisme sendiri itu baik tapi karena kekerasannya dia dipandang menjadi tidak baik. Untuk mencegah dan memberantas paham radikalisme dan terorisme di Indonesia, menurutnya harus dilakukan penguatan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Ia yakin jika wawasan kebangsaan masyarakat Indonesia lebih kuat, paham radikalisme dan terorisme tidak akan bisa masuk ke Bumi Nusantara.
Penyebab terjadinya aksi terorisme itu, disebabkan oleh tiga faktor, yakni faktor domestik, faktor internasional dan juga faktor kultural. “Faktor domestik yakni masalah kemiskinan, ketidakadilan dan kecewa kepada pemerintah menjadi pemicu orang-orang itu bergabung ke kelompok teroris atau ISIS. Lalu faktor internasional dikarenakan ketidakadilan global, politik luar negeri yang arogan serta imperialisme modern negara super power.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...