Rabu, 16 Desember 2015

Buah P2KN (Pembelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan)

                Sebagai Siswa SMA yang baru saja menjadi Mahasiswa, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek. Kita harus lebih bisa meminit waktu. Banyak tugas yang berjalan serempak menyerbu yang harus kita selesaikan. Seperti halnya mata kuliah PKN berbaris antri memberi tugas membuat artikel tentang Dampak Pembelajaran PKN Dari TK Sampai SMA.
            PKN tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari kita. Orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang PKN akan memiliki sikap kewarganegaraan yang bagus. Anak TK pun sudah diberi pelajaran tentang PKN meskipun dengan pembelajaran yang sederhana. Contohnya jika ada uang jatuh seharusnya apa yang harus dia lakukan? Jika dia tersebut memahami dengan baik PKN dia pasti akan mengembalikan uang tersebut. Akan tetapi jika dia tidak memahamii tentang PKN uang tersebut mungkin akan dia ambil dan dibelikan jajan. Itulah fungsi PKN bagi anak kecil yaitu membentuk sebuah karakter yang dasar agar anak kecil yang baru sekolah tersebut akan menjadi calon bibit yang unggul,  baik, dan jujur bagi generasi yang akan mendatang khususnya untuk memajukan bangsa Indonesia agar tidak kalah dengan negara maju, seperti: Korea Selatan, Singapura, dan Jepang yang berada pada kawasan Asia.
Bagi anak SD/ MI PKN berguna untuk:
A.    Menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia agar sejak kecil siswa SD menyukai produk-produk dari Indonesia. Contohnya: kartun Upin Ipin yang berasal dari Malaysia, dan kartun Doraemon yang berasal dari Jepang tidak menjadi kegemaran siswa SD karena ada kartun yang berasal dari Indonesia sendiri, yaitu: Adit dan Sopo Jarwo, Keluarga Somat, dan Si Entong dan masih banyak lagi.
B.     Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya, contohnya: jika kita memiliki teman yang berbeda agama, budaya, suku, ras, kita harus menghormati maksudnya jika teman kita sedang beribadah, menjalankan kebiasaannya kita tidak boleh mengganggunya. Jika memiliki perbedaan sosial ekonomi kita harus tetap menjadikan teman tidak boleh mendiskriminasi karena kita sama manusia dan yang membedakan kita hanya ketaqwaan  kita terhadap Allah sehingga kita boleh membedakan orang yang tidak seberuntung kita.
C.     Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan, seperti: tidak membuang sampah sembarang yang menyebabkan kebanjiran, tidak tersedianya air bersih, dan sarang penyakit yang disebabkan oleh air yang tercampur dengan sampah.
D.    Berkomunikasi secara santun yang membuat pribadi lebih baik karena dapat membedakan pemakaian bahasa sesuai dengan umur lawan bicara, contohnya: ketika kita berbicara dengan orang tua kita harus berbahasa santun tidak boleh kasar dan berteriak.
E.     Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya agar menjalin pertemanan yang utuh dan baik namun dalam menolong siaoaoun sebaiknya dengan iklas, contoh: jika melihat teman, orang di jalan raya, dan keluarga yang memerlukan bantuan sebaiknya kita bantu meskipun orang tersebut tidak meminta tolong sebaiknya kesadaran kita untuk menolongnya serta dan tidak mengharap suatu imbalan dari orang yang sudah kita tolong.
Dalam pembahasan tersebut, materi yang dipelajari saat SD/ MI yaitu:
1.      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2.      Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3.      Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolahMemahami hidup tertib dan gotong royong
4.      Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
5.      Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai pancasila
6.      Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
7.      Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan kepatuhan terhadap undang undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri
Bagi anak SMP/ MTS PKN berguna untuk:
A.    Mendisiplinkan diri, seperti: Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan karena dalam peraturan tersebut pasti memiliki dampak positif, contohnya: saat akan perge ke sekolah dibonceng teman atau orang tua sebaiknya memakai helm karena helm termasuk syarat perturan lalu lintas dan sebaiknya jangan dilanggar karena mengantisipasi benturan kepala saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Contoh lainya seperti saat di sekolah sebaiknya memakai seragam yang lengkap dan rapi yang tidak melanggar aturan sekolah serta tidak boleh terlambat saat akan berangkat sekolah karena sebenarnya sekolah mendidik kita agar disiplin penampilan dan waktu.
B.     Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab yang membuat anak lebih menghargai lingkungan, seperti: saat duduk di kursi sebaiknya duduk dengan sopan tidak dengan jongkok karena itu tidak sopan, meja dan kursi serta dinding yang berada di kelas sebaiknya digunakan dengan baik tidak dicoret-coret atau pun dirusak karena itu termasuk perilaku yang tidak bertanggung jawab.
C.     Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat karena masa SMP adalah masa dimana mereka mulai mengenal dunia lebih luas jadi sebaiknya mereka sudah mengetahui mana yang wajib mereka lakukan dan mana yang tidak boleh mereka lakukan. Sebagai contoh: seseorang berhak untuk berteman dengan siapapun tidak dibatasi oleh sekolahan, sebagai anak SMP yang baik mereka pastinya wajib untuk menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan sesuai dengan kemampuan mereka, mereka wajib berparti sipasi dalam mengikuti kegiatan di desanya, mereka wajib menaati peraturan yang ada di dalam masyarakat.
D.    Menghargai adanyaa perbedaan pendapat. Seringkali dalam sebuah diskusi atau rapat terjadi perbedaan pendapat. Menghargai pendapat orang lain itu baik meskipun pendapat itu tidak rasional namun kita tetap harus menghargainyakarena mengutarakan pendapat bagi orang awam itu sangat sulit karena belum terbiasa. Terkadang banyak orang yang meremehkan pendpat seseorang padahal pendapat mereka belum tentu itu baik.
E.     Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia karena banyak anak sekarang lebih menyukai produk luar negeri karena katanya produk dari luar negeri lebih bagus dan lebih terjamin padahal produk alam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri serta banyak anak yang meniru niru gaya tren artis luar negeri seperti artis korea selatan. Mereka mulai mempelajari bahasa orea, memakai pakaian tradisional korea, memakan makanan korea,a memakai produk hp, tas, baju dan lain-lain dari korea. Film luar negeri dengan film dalam negeri di bioskop rata-rata peminat penontonnya banyak yang melihat film luar negeri karena efek dari film katanya masih bagusan dari luar negeri sehingga banyak anak SMP yang lebih menyukai drama korea dibanding senetron indonesia.
Dalam pembahasan tersebut, materi yang dipelajari saat SMP/ MTS yaitu:
1.      Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.      Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
3.      Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
4.      Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
5.      Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
6.      Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah
7.      Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8.      Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya
Bagi anak SMA/ MA PKN berguna untuk:
A.    Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena kehidupan mereka mulai dewesa atau cukup umur mereka diharapkan menjadi calon generasi unggul dengan mengikuti karang taru yang menjadi wadah pertama untuk berparti sipasi langsung dalam masyarakat.
B.     Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan. Dalam konteks ini penegakan aturan dapat diwadahi dengan mengikuti kegiatan OSIS, karena dengan kegiatan tersebut kita dapat beperan sebagai penegak hukum karena itu organisasi resmi dari sekolah. Sehingga jika salah satu siswa melanggar kita sebagai bagian dari OSIS dapat melaporkan itu ke pihak yang berwenang di sekolahan.
C.     Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya. Tidak dipungkiri bahwa banyak memiliki kekurangan dan kelebihan jadi seseorang harus menutupi kekurangannya dengan kelebihan tersebut. Jika seseorang itu belum tahu kelebihannya maka dia sebaiknya terus menggali potensinya agar mengetahui kelebihannya tersebut.
D.    Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya. Percaya diri itu penting karena itu hal yang mutlak kita harus kembangkan jika ingin maju. Saat kita berjalan, berbicara kita harus bersikap percaya diri. Jika seseorang tidak percaya diri maka orang itu pasti akan tertinggal dari segala kemajuan yang ada.
Dalam pembahasan tersebut, materi yang dipelajari saat SMA/ MA yaitu:
1.      Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Repubilik Indonesia Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
2.      Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri
3.      Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
4.      Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
5.      Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
6.      Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
7.      Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
8.      Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

Itu lah fungsi PKN dan dapat disimpulkan bahwa PKN memiliki fungsi berbeda beda menurut tingkatan seseorang. Jika digunakan untuk anak TK PKN berguna untuk membentuk karakter yang baik. Dan untuk tingkatan SD/ MI PKN diterapkan untuk rasa cinta tanah air. Lain halnya dengan SMP, PKN berguna untuk membatasi pergaulan. Yang dimaksud membatasi pergaulan adalah mencari teman bergaul yang baik tidak melenceng dari norma yang berlaku di Indonesia. Itu menjadi pembelajaran lanjutan dari TK yakni pembentukan karakter. Jika dari TK anak tersebut memiliki karakter yang baik maka saat remaja anak itu akan bergaul dengan orang yang memiliki karakter baik sehingga tidak melenceng atau melanggar norma yang ada di Indonesia.
            Setelah tingkatan SD yang memiliki pergaulan dan karakter yang baik, pada tingkatan SMA PKN berfungsi untuk berparti sipasi dalam sebuah organisasi. Sehingga jika dari TK, SD/ MI, SMP/ MTS, SMA/ MA PKN diterapkan akan menghasilkan individu yang sangat cinta dengan tanah air yang kemungkinan kecil tidak ada penyalahan kelembagaan negara seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Setelah PKN dipelajari dari TK, SD/ MI, SMP/ MTS, dan SMA/ MA memiliki dampak sebagai berikut:
1.      Mengeti arti pentingnya tolong menolong sesama manusia
2.      Tidak curang dalam berbagai hal
3.      Memiliki karakter yang baik
4.      Memiliki rasa cinta tanah air
5.      Tidak menyepelekan segala hal
6.      Mengerti tatanan lembaga-lembaga negara
7.      Fungsi dari lembaga-lembaga negara

8.      Dan  masih memiliki banyak lagi dampak yang diberikan oleh PKN bagi yang mempelajarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...