Selasa, 22 Desember 2015

urgensi PKN bagi kehidupan manusia



Pentingnya Pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat adalah untuk mengatur kehidupan setiap individu untuk berbangsa dan bernegara yang baik . Pendidikan kewarganegaraan pada umumnya memiliki tujuan utama untuk mempersiapkan masyarakat yang berpikir kritis dan bertindak demokratis .  Materi pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mengenal aturan dasar kewarganegaraan yang dapat membedakan antara hak dan kewajiban, yang mengajarkan sikap toleransi beragama bagi setiap pemeluknya sehingga tidak menimbulkan permusuhan walaupun berbeda agama. pendidikan kewarganegaraan juga mengajarkan rasa tenggang rasa bagi setiap warganya. mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme  untuk bangsanya. Dapat mendidik siswa untuk menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara demokrasi dan menghormati segala perbedaan pendapat disetiap diskusi . Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan membuat warga negara cerdas, aktif, kritis dan menjaga demokratis dan berkomitmen menjaga persatuan dan integritas bangsa.
Adanya pendidikan kewaraganegaraan dapat membuat seseorang mengerti akan hukum-hukum yang berlaku di negaranya. Sehingga Mengatur  sikap-sikap manusia untuk tidak keluar dari norma-norma yang sudah di tetapkan. Adanya pendidikan kewarganegaraan juga mengajarkan rasa nasionalisme dan patriotisme untuk membela negaranya agar tidak dijajah lagi oleh negara lain. Memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong yang kuat disetiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Juga mendorong warganya agar aktif dan kritis dalam setiap isu-isu yang ingin menghancurkan negaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...