Selasa, 22 Desember 2015

Ancaman Gerakan Radikalisme di Indonesia



          Baru-baru ini banyak media masa yang memberitakan tentang gerakan radikalisme yang ada di indonesia maupun yang ada di luar negeri. Gerakan radikalisme ini adalah suatu paham yang menggunakan sikap yang keras yang dibuat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan untuk kepentingan pribadi atau sekelompok saja. Gerakan ini juga mengancam kerukunan hidup berbangsa dan bernegara lewat tindakan intimidasi, kekerasan, bahkan pembunuhan terlebih pada negara kitaini, yakni indonesia, sementara itu selama ini yang sama-sama kita ketahui bahwa islam adalah agama yang menghargai sesama manusia dan perbedaan pandangan terhadap agama. Perlu digaris bawahi bahwa islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk melakukan tindakan kekerasan bahkan membunuh seperti yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang mengatas namakan islam tersebut. Hal ini membuat masyarakat indonesia menjadi resah akan hadirnya gerakan radikalisme serta anacaman-ancamanya itu.
          Dengan adanya ancaman gerakan radikalisme di indonesia ini masyarakat harus lebih terbuka dan ktiris dalam berfikir terlebih lagi jika wawasan yang dimiliki dan jaringan yang luas tentang pandangan islam sehingga kita tahu apa target dari gerakan radikalisme itu seperti bentuk kekerasan yang menggunakan kedok agama harus diperangi. Sekarang pemerintah dan negara harus hadir melindungi rakyatnya dari ancaman gerakan radikalisme tersebut terutama dengan memperkuat ideologi bangsa, karena penguatan ideologi bangsa dilakukan karena radikalisme merasuki masyarakat dengan memanfaatkan kelemahan ideologi tersebut , di samping dengan cara kekerasan fisik dan senjata. Jika itu dilakukan maka salah satu ruang gerakan radikalisme agama, terutama ISIS, akan tertutup. Ancaman radikalisme itu pasti akan dengan sendirinya hilang. Selain pemerintah dan negara, jadi kekerasan yang membawa-bawa nama agama itu harus diperangi bersama, karena di agama islam tidak pernah diajarkan untuk melakukan kekerasan dan juga agama islam adalah agama yang Rahmatan lil alamin yakni Islam adalah agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI MACAM-MACAM GERAK

A. Lokomotor Gerakan lokomotor  gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.  Ger...